Ilustrasi
Ilustrasi ( Instagram)

Benarkah Vape Tidak Bisa Bikin Berhenti Merokok? Ini Penjelasan Dokter

20 Januari 2023 08:06 WIB

SonoraBangka.id - Saat ini banyak orang yang menganggap bahwa rokok elektrik alias vape dapat membantu terlepas dari kecanduan rokok.

Tapi, benarkah vape dapat menjadi cara berhenti rokok?

Dokter Spesialis Paru, Erlina Burhan mengatakan, anggapan tersebut tidaklah benar.

"Data-data yang dikumpulkan mendapatkan bahwa sesungguhnya rokok elektorinik ini tidak dapat membantu orang terlepas dari kecanduan rokok," ujar Erlina, Sabtu (14/01).

Menurut Erlina, bukannya berhenti, pengguna malah menyukai keduanya, yakni vape sekaligus rokok konvensional.

"Tadinya mau transisi berhenti merokok jadi pake rokok elektrik, eh malah rokok yang biasa enggak bisa lepas, jadi pakai dua-duanya," ucapnya.

Hal ini juga diperkuat oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat.

Kata Erlina, CDC menyatakan bahwa pihaknya belum menyetujui bahwa rokok elektronik dapat digunakan sebagai alat bantu berhenti merokok.

Tak sampai di situ, kekeliruan anggapan ini juga didukung oleh studi yang termuat dalam New England Journal. 

Dalam studi itu, Erlina mengatakan, penggunaan rokok elektrik tidak membuat orang mudah terlepas dari rokok konvensional.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm