Ilustrasi tuas transmisi manual mobil Toyota(James Gilboy/thedrive.com)
Ilustrasi tuas transmisi manual mobil Toyota(James Gilboy/thedrive.com) ( KOMPAS.COM)

Keunggulan Mobil Transmisi Manual Dibandingkan Matik

24 Januari 2023 22:49 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Mobil transmisi manual dan matik sempat menjadi perbincangan yang ramai oleh para pecintanya.

Lewat adu stiker di belakang kaca mobil, pengguna mobil manual mengunggulkan diri dengan sistem tiga pedalnya sementara pengguna mobil matik juga tidak mau ketinggalan.

Hal itu terjadi lantaran mobil matik lebih gampang dalam pengoperasiannya, maka dari itu pemilik mobil manual beranggapan pengguna tiga pedal tentu lebih jago dalam hal mengemudikan mobil.

Terlepas dari itu, memang benar jika transmisi manual lebih dicintai lantaran biaya perawatannya yang lebih murah bila dibandingkan dengan mobil matik. Mobil manual juga lebih unggul di beberapa sektor. Apa saja itu?

Dosen Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung (ITB) Tri Yuswidjajanto mengatakan, mobil dengan transmisi manual memiliki sistem pengoperasian yang sederhana cuma memainkan pedal kopling dan memasukan gigi yang dibutuhkan.

“Meski terkesan lebih ribet karena harus setiap saat mengoper gigi berdasarkan kebutuhan mobil, sebenarnya sistem pengoperasian transmisi manual lebih sederhana, hanya memainkan pedal kopling dan memasukkan gigi,” ucap Tri kepada Kompas.com, Senin (23/1/2023).

Dia mengatakan seandainya terjadi kesalah pengoperasian seperti gigi yang dibutuhkan tidak sesuai maka mesin akan merespon dengan baik dan aman.

“Mobil transmisi manual kalau salah gigi, misal torsi yang dipikul mesin jadi berat dan jika tidak sanggup mesin akan merespons dengan memunculkan getaran hebat, dan berujung mesin akan mati,” ucap Tri.

Menurut dia, hal itu membuat transmisi manual lebih aman karena dari kesalahan pengoperasian tidak akan menimbulkan dampak kerusakan yang serius.

“Bila mesin mati, ya tidak akan ada kerusakan karena tidak akan terjadi putaran lagi, jadi lebih aman daripada mobil matik,” ucap Tri.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm