Proyek pertama penggunaan LNG cair untuk bahan bakar truk pengakut BBG diuji coba pertama kali pada minggu ketiga Januari 2023.
Proyek pertama penggunaan LNG cair untuk bahan bakar truk pengakut BBG diuji coba pertama kali pada minggu ketiga Januari 2023. ( DOK. Subholding Gas Pertamina)

Truk Pengangkut BBG Pertamina Mulai Pakai LNG Cair

25 Januari 2023 08:06 WIB

SonoraBangka.ID - Truk pengangkut Bahan Bakar Gas (BBG) milik PT Pertamina mulai menggunakan LNG cair sebagai bahan bakarnya. Inisiatif ini diprakarsai Subholding Gas Pertamina PT Perusahaan Gas Negara Tbk dan anak usahanya PT Gagas Energi Indonesia.

Proyek pertama penggunaan LNG cair untuk bahan bakar truk BBG diuji coba pertama kali pada minggu ketiga Januari 2023, dilepas langsung oleh Direktur Operasi dan Komersial Gagas, Dian Kuncoro dari Kelapa Gading, Jakarta dengan didampingi oleh perwakilan dari PGN dan Pertamina.

Pada uji coba tersebut, terdapat tiga unit truk yang membawa LNG Semitrailer 40 feet, Mobile Refueling Unit (MRU) LNG dan Gas Transport Module (GTM) CNG 20 feet yang melakukan perjalanan dari Jakarta - Surabaya - Jakarta.

Uji coba ini dilakukan selama lima hari menggunakan truk dengan kapasitas tabung bahan bakar LNG 1.000 liter LNG melalui dua rute yaitu rute Jakarta Surabaya via Semarang melalui tol dan Jakarta Surabaya via Semarang melalui jalur non tol.

"Kami mendukung 100 persen upaya Pertamina dalam pemanfaatan energi ramah lingkungan dan bebas subsidi. Pemanfaatan gas bumi sektor transportasi ini akan membantu Pemerintah dalam menekan subsidi energi juga membantu pemerintah dalam menjalankan peta biru pencapaian target komitmen menuju Net Zero Emission," kata Direktur Utama Gagas, Muhammad Hardiansyah melalui keterangannya, Selasa (24/1/2023).

Ia mengatakan, seluruh proses uji coba penggunaan LNG pada truk telah berhasil dilakukan. Seluruh truk LNG kemudian tiba di Surabaya dengan aman, tanpa kendala dan menunjukkan performa seperti yang diharapkan.

"Hal ini tentunya akan menjadi salah satu milestones penting dari Subholding Gas Group, yaitu mengoperasikan truk berbahan bakar LNG pertama di Indonesia," lanjutnya.

Ia juga menambahkan bahwa inisiatif ini juga merupakan bagian dari upaya dan dukungan Subholding Gas Group dalam rangka menurunkan tingkat emisi dan biaya logistik nasional untuk peningkatan daya saing produk dan jasa nasional yang diharapkan dapat berdampak nyata bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dorong Transisi Energi, Truk Pengangkut BBG Pertamina Mulai Pakai LNG Cair", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/01/25/050000426/dorong-transisi-energi-truk-pengangkut-bbg-pertamina-mulai-pakai-lng-cair.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm