Ilustrasi bolu ketan hitam kukus.
Ilustrasi bolu ketan hitam kukus. ( Dok.Shutterstock/Jazenraz Side)

Agar Hasilnya Mengembang, Berikut Cara Membuat Bolu Kukus Ketan Hitam

25 Januari 2023 21:18 WIB

SonoraBangka.id - Bolu kukus ketan hitam cocok untuk dihidangkan saat acara berkumpul dengan keluarga atau teman. Kamu bisa membuatnya untuk oleh-oleh juga.  Ada banyak resep bolu kukus ketan hitam yang bisa kamu coba buat di rumah. Namun, kamu perlu mengetahui beberapa tips membuat berikut agar hasilnya tidak gagal mengembang.  Dilansir dari buku "Betty's Bake - 55 Resep Cookies, Cake Kue Dan Roti Hits Di Instagram" (2023) oleh Betty Cenn terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, simak tips simpel membuat bolu kukus ketan hitam. 

 1. Gunakan telur yang bagus 

Hindari menggunakan telur yang sudah disimpan lama, karena bisa menurunkan kualitasnya. Sebaiknya, pakai telur yang masih segar. 

2. Gunakan api sedang 

Pastikan api yang digunakan untuk membuat bolu kukus terjaga dan stabil. Gunakan api sedang agar hasil dari permukaan bolu kukus mulus. 

3. Lakukan tes tusuk untuk mengecek kematangannya

Kamu bisa menggunakan tusuk sate untuk melakukan tes tusuk pada adonan. Cara ini untuk mengecek apakah bolu sudah matang atau belum. 

4. Kocok adonan hingga mengembang

Dilansir dari buku "Kue Mangkuk & Bolu Kukus Mekar" oleh Sisca Susanto terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, adonan bolu kukus harus dikocok mengembang dan mengental supaya hasilnya merekah. Kamu bisa menggunakan mikser atau whisk untuk mencampurkan adonan menjadi satu. Buku "Kue Mangkuk & Bolu Kukus Mekar" oleh Sisca Susanto terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Membuat Bolu Kukus Ketan Hitam agar Mengembang ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/01/25/110900075/4-cara-membuat-bolu-kukus-ketan-hitam-agar-mengembang-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm