Ilustrasi cermin di ruang tamu. (SHUTTERSTOCK/JUAN FRANCISCO GOMEZ)
Ilustrasi cermin di ruang tamu. (SHUTTERSTOCK/JUAN FRANCISCO GOMEZ) ( KOMPAS.COM)

Cermin Tidak Boleh Menghadap Pintu Masuk Rumah, Benarkah?

26 Januari 2023 22:51 WIB

SONORABANGKA.ID - Berdasarkan feng shui, penempatan cermin di rumah memiliki arti yang signifikan. Salah satunya adalah cermin menghadap pintu masuk rumah, yang dianggap sebagai feng shui buruk.

Dikutip dari The Spruce, Kamis (26/1/2023), ini adalah kesalahpahaman, karena pertama-tama, tidak ada yang selalu buruk. Sangat membantu untuk melihat keadaan.

Misalnya, dengan ide ini tergantung pada sekolah atau konsultan feng shui. Sebagai contoh, seorang praktisi mungkin berkata bahwa cermin menghadap pintu masuk rumah adalah tidak boleh, tapi ada pula yang tidak setuju.

Ada sudut pandang yang bertentangan pada berbagai aspek feng shui karena ada banyak  aliran feng shui yang berbeda dan pendekatan yang lebih bervariasi tergantung pada praktisi.

Cermin dan pintu masuk rumah menurut feng shui

Semua aliran feng shui setuju bahwa pintu maruk rumah adalah area yang penting.

Pintu masuk rumah disebut “mulut qi” karena jalan masuknya adalah bagaimana energi dan qi (kekuatan hidup) memasuki suatu ruangan.

Aliran feng shui klasik cenderung merekomendasikan terhadap cermin yang menghadap ke pintu masuk rumah.

Pasalnya, bagi mereka, pantulan cermin memantulkan kembali energi. Oleh karena itu, cermin yang memantulkan pintu depan mendorong energi, bukannya menyambut qi ke dalam rumah.

Dalam aliran feng shui yang lain, cermin digunakan untuk memperluas ruang dengan penuh semangat. Cermin dapat melebarkan pintu masuk kecil yang sempit dan membuatnya terlihat dan terasa lebih besar.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm