Ilustrasi nasi bakar yang aromanya smokey.
Ilustrasi nasi bakar yang aromanya smokey. ( DOK.SHUTTERSTOCK/Siti Mutmainah)

Bakar Hingga Harum, Berikut Cara Membuat Nasi Bakar Pindang Tongkol

29 Januari 2023 07:13 WIB

SonoraBangka.id - Peserta MasterChef Indonesia yang masuk ke dalam pressure test harus membuat masakan Nusantara pada episode Sabtu (28/1/2023). Namun, peserta tidak boleh menggunakan protein tertentu seperti ayam, telur, dan teri. Wina, salah satu peserta yang masuk pressure test, membuat nasi bakar tongkol. Menurut komentar juri, rasa nasi bakar tongkol buatan Wina enak tetapi aromanya kurang smokey dan cara membungkus nasi kurang rapi. Wina mengaku membakar nasi tongkol tersebut di atas kompor 30 detik terakhir sebelum waktu memasak selesai.

Sementara, nasi bakar yang diharapkan memiliki aroma smokey. Apabila kamu membuat masakan seperti Wina, bakar nasi bungkus daun pisang di atas bara api sampai harum dan semua sisi ada warna gosongnya. Ikuti cara membuat nasi bakar pindang tongkol seperti buku "Aneka Kreasi Nasi Pepes Dan Nasi Bakar" oleh Dapur Aliza terbitan Gramedia Pustaka Utama

Resep nasi bakar pindang tongkol

Bahan nasi bakar (10 porsi)

850 gram nasi pulen

200 gram ikan pindang tongkol, suwir

1 ikat kemangi, petik daunnya

300 gram daun singkong, rebus

4 lembar daun salam

7 lembar daun jeruk, iris tipis

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm