Ilustrasi dompet digital.
Ilustrasi dompet digital. ( DOK. Freepik)

Pakar: 5 Tips Hemat Mengelola Uang Jika Punya Banyak Dompet Digital

29 Januari 2023 16:10 WIB

SonoraBangka.id - Perkembangan dompet digital dalam setahun terakhir menunjukkan pertumbuhan yang masif.

Ya, tren dompet digital yang menjamur beberapa tahun belakangan ini membuatmu harus menerapkan tips hemat agar keuangan tetap terkelola dengan baik.

Pasalnya, tak bisa dimungkiri bahwa dompet digital telah memberikan kemudahan untuk melakukan berbagai transaksi digital.

Tanpa disadari kamu justru menjadi bersikap impulsif dan mengeluarkan lebih banyak uang, sehingga memengaruhi kesehatan finansial.

Bahkan menurut perencana keuangan Finansialku, Rista Zwestika, CFP, kehadiran dompet digital telah memengaruhi kebiasaan keuangan seseorang.

Kendati begitu, ia mengatakan bahwa perencanaan keuangan yang tepat dan menerapkan tips hemat dapat membantu meringankan biaya anggaran bulanan.

Nah, agar tidak boros meskipun memiliki banyak dompet digital, berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan, dikutip dari Kompas.com.

1. Buat Daftar Anggaran Setiap Bulan

Rista menjelaskan, tips cermat yang bisa diterapkan adalah untuk mulai membiasakan diri membuat budget-ing belanja, baik untuk mingguan ataupun bulanan.

Anggaran tersebut sangat penting untuk mempermudah kamu membeli barang-barang yang akan dibutuhkan nantinya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm