Sederet koleksi motor klasik milik Irfan di Kota Blitar, Jawa Timur. (-)
Sederet koleksi motor klasik milik Irfan di Kota Blitar, Jawa Timur. (-) ( KOMPAS.COM)

Cara Gampang Untuk Merawat Motor Koleksi di Rumah

30 Januari 2023 19:36 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Sepeda motor bukan hanya sebagai kendaraan untuk mengantarkan dari satu tempat ke lokasi lain, namun juga bisa menjadi koleksi yang nilainya tinggi di masa depan.

Memang, tidak semua motor bisa menjadi barang koleksi. Namun selama kendaraan roda dua yang dimiliki merupakan edisi terbatas atau ada nilai sejarah tertentu, seharusnya bisa menjadi barang koleksi.

Biasanya, motor koleksi jadi kendaraan yang jarang digunakan, atau hanya disimpan saja di rumah. Tentu merawat motor tersebut berbeda kalau dibandingkan dengan motor biasa yang digunakan sehari-hari.

Endro Sutarno, Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, untuk motor koleksi, meskipun jarang digunakan usahakan tetap sering dinyalakan mesinnya.

"Sesering mungkin untuk menghidupkan motor tersebut dan dibuat jalan biarpun enggak jauh. Kemudian, cek juga kondisi dari tangki bahan bakar," ucap Endro kepada Kompas.com, Minggu (29/1/2023).

Jadi bisa dibilang, bensin di tangki sebaiknya tetap ada untuk menyalakan mesin. Sedangkan untuk oli mesin, bisa dibilang aman saja, bisa diganti berdasarkan waktu, seperti enam bulan sekali.

Komponen yang harus diperhatikan pada motor koleksi saat disimpan lama adalah ada bagian yang rawan terkena karat. Sebagai contoh yang paling mudah, yaitu bagian tangki BBM dan knalpot.

"Biarpun motor koleksi tetap saja harus ada perawatan, pengecekan kondisi motor. Bagian yang cenderung bisa karat seperti tangki dan knalpot," ucap Endro.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Mudah Merawat Motor Koleksi di Rumah", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/30/081200715/cara-mudah-merawat-motor-koleksi-di-rumah.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm