Sederet koleksi motor klasik milik Irfan di Kota Blitar, Jawa Timur. (-)
Sederet koleksi motor klasik milik Irfan di Kota Blitar, Jawa Timur. (-) ( KOMPAS.COM)

Perhatikan Ini bila Ingin Merakit Motor Klasik

31 Januari 2023 20:21 WIB

SONORABANGKA.ID - Kegiatan Memelihara sepeda motor klasik memang bisa jadi hobi yang menyenangkan. Selain bentuknya ikonik, secara tidak langsung memiliki nilai ekonomi tinggi.

Hanya bagi orang yang mau memulai membeli motor klasik pertamanya, ada beberapa hal yang harus disiapkan. Salah satunya kondisi motor sampai kesiapan mencari suku cadang.

Rizki Arif, dari Antik Motor Kediri mengatakan, sebelum membeli motor klasik, memang lebih baik untuk konsultasi dahulu dengan orang yang lebih dahulu memiliki atau punya pengalaman dengan motor tersebut.

Misal, kalau mau pelihara Vespa atau merek lain, bisa ditanya mana yang lebih murah untuk dimiliki atau dirawat. Begitu juga dengan harga jual bekasnya, tentu ini akan kembali lagi ke budget yang mau dikeluarkan.

Rizki mengatakan, yang tak kalah penting lainnya adalah kelengkapan surat-suratnya. Kalau untuk bodi dan mesin, bisa dibangun ulang.

"Saran saya untuk yang baru mau sebaiknya beli yang sudah jadi saja. Kecuali, memang ingin bersusah payah mencari suku cadang motornya," kata Rizki kepada Kompas.com belum lama ini.

Namun katanya, beli motor tua yang sudah jadi akan lebih mahal dibandingkan membeli motor tua yang masih bahan. Mengingat kalau yang masih bahan, tentu ada waktu dan uang yang harus dikeluarkan untuk memperbaiki atau membeli suku cadang.

Rizki mengatakan, motor tua yang bisa dijadikan investasi adalah buatan tahun 80'an ke bawah, karena menurutnya banyak diburu pecinta motor klasik.

"Setiap tahun, pasti naik harganya, bukan malah semakin turun. Tapi, dengan catatan kondisinya juga terawat," ujar Rizki.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Perhatikan Ini jika Mau Merakit Motor Klasik", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/31/091200615/perhatikan-ini-jika-mau-merakit-motor-klasik.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm