Cokelat dengan isian kelapa
Cokelat dengan isian kelapa ( Dok. Shutterstock)

Tidak Cepat Leleh, Berikut Ini 5 Cara Membuat Cokelat Isi

2 Februari 2023 07:07 WIB

 

SonoraBangka.id - Ada banyak sekali kreasi cokelat yang bisa kamu coba buat di rumah. Salah satunya, cokelat isi.  Salah satu kreasi cokelat ini, bisa kamu jadikan rangkaian buket cokelat yang cantik. Umumnya, cokelat isi biasa diisi dengan bahan seperti selai, kacang mede, buah kering atau manisan, hingga karemel yang kenyal. Selengkapnya, simak tips membuat cokelat isi untuk ide jualan kekinian.

1. Campurkan cokelat dengan minyak kelapa

Dilansir dari laman All Recipes, kamu bisa melelehkan cokelat dengan minyak kelapa. Penggunaan minyak kelapa bisa membantu mempertahankan bentuk cokelat. Kamu bisa menggunakan microwave untuk melelehkan cokelat selama 10 detik saja. Kalau ada potongan cokelat yang belum meleleh, aduk rata sampai cokelat leleh.

2. Tuang cokelat leleh ke dalam cetakan

Tuang sedikit cokelat leleh ke dalam cetakan, oleskan cokelat leleh hingga melapisi seluruh permukaannya. Pastikan lapisan di tepinya agak tebal. Dinginkan selama 30 menit atau hingga padat.

3. Isi cetakan berlapis dengan isian

Beri isi jika lapisan terluar cokelat sudah padat. Pastikan tidak ada isi yang menonjol bagian atas agar tidak pecah. Ratakan isinya. Saat akan menikmatinya, biarkan cokelat selama lima menit agar tidak seberapa keras.

4. Gunakan pengoles

Ada cara menutup bagian bawah cokelat. Gunakan pengoles, tambahkan sedikit demi sedikit cokelat leleh ke setiap cetakan. Isi hingga cetakan penuh. Biarkan cokelat hingga benar-benar padat dan set.

5. Keluarkan cokelat dari cetakan

Keluarkan setiap potongan cokelat isi secara berhati-hati ke atas nampan dingin yang sudah dilapisi kertas roti. Sebelum menghias, sebaiknya cokelat didiamkan selama satu jam agar mengeras pada suhu kamar. Biarkan cokelat mengeras di kertas roti pada suhu ruang agar cokelat tidak meleleh di tangan saat akan menghiasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Cara Membuat Cokelat Isi, Mengilap dan Tidak Cepat Leleh", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/02/01/121300175/5-cara-membuat-cokelat-isi-mengilap-dan-tidak-cepat-leleh?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm