Ilustrasi jahe
Ilustrasi jahe ( PIXABAY/JOSEPH MUCIRA)

Berikut Ini 4 Cara Mengupas Dan Cincang Jahe Yang Benar

2 Februari 2023 07:12 WIB

SonoraBangka.id -  Jahe adalah salah satu rempah-rempah yang dipakai untuk membuat bumbu masakan, minuman hangat hingga pengobatan tradisional. Jahe memiliki rasa pedas yang menghangatkan, selain itu jahe mengandung gingerol tinggi, zat dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan kuat. Jahe sering ditemui di dapur dan menjadi salah satu bumbu rempah wajib yang ada di rumah.  Simak cara kupas dan cincang jahe yang benar, dilansir dari laman Thekitchn.com, berikut selengkapnya.

1. Mengupas jahe dengan sendok

Memakai bagian sendok yang cembung dan sediakan mangkuk, kikis kulit tipis jahe menggunakan sapuan ke bawah secara kuat. Kamu bisa meletakkan akar jahe di talenan atau gunakan sebagai pegangan. Kikis sebanyak yang diperlukan dari akar besar atau seluruh bagian jika itu dibutuhkan. Sendok membantu dengan mudah mengikis semua bagian kecil dan hanya kulit yang terbuang.

2.  Mengupas jahe dengan pengupas sayuran

Menggunakan cara yang sama dengan sendok, kupas kulit dari akarnya. Kamu perlu berhati-hati karena berpotensi melukai diri. Terkadang daging jahe juga ikut terkelupas saat mengikis dengan peeler sayuran ini. Pengupas dapat menangani bagian tonjolan serta inti tetapi tetap harus berhati-hati melukai diri.

3. Cincang jahe dengan pisau

Potong jahe menjadi bulat-bulat memakai pisau besar dan tajam. Ketebalan bulatan akan menentukan seberapa halus cincangan jahe. Bulatan tipis akan menghasilkan cincangan halus.  Potong bulatan menjadi korek api dan kemudian dadu kecil. Tumpuk beberapa bulatan, jangan membuat tumpukan terlalu tinggi karena bisa dengan mudah tergelincir saat memotong. Potong batang korek api melintang menjadi cincangan. Ulangi dengan sisa bulatan jahe. 

4. Cincang jahe dengan microplane atau parutan

Jika mempunyai alat microplane atau parutan, kamu bisa menggunakannya untuk mencincang jahe. Pastikan memakainya di atas piring atau mangkuk. Cukup gosok jahe pada microplane atau parutan menggunakan tekanan yang cukup. Berhati-hatilah saat mencapai ujung potongan karena bisa tergores.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Kupas dan Cincang Jahe yang Benar", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/02/01/070400875/4-cara-kupas-dan-cincang-jahe-yang-benar.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm