Ilustrasi uang
Ilustrasi uang ( SHUTTERSTOCK)

Prediksi Sri Mulyani terkait Pertumbuhan Ekonomi 2023 Melambat, Ketahui 4 Tips Bijak Mengatur Keuangan

3 Februari 2023 07:36 WIB

SonoraBangka.id - Saat ini isu resesi ekonomi 2023 menjadi salah satu perbincangan hangat sepanjang akhir 2022.

Meski masih berupa prediksi, kini kondisi perekonomian global mulai terancam mengalami kemerosotan.

Dalam konferensi pers Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) yang digelar Selasa (31/1/2023), Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa masyarakat Indonesia harus tetap waspada dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi tahun ini.

Dia mengatakan, pertumbuhan ekonomi global diramal akan melambat karena dampak resesi ekonomi yang terjadi di Amerika Serikat (AS) dan negara-negara di Eropa.

"Ke depan, ekonomi global diperkirakan akan tumbuh lebih lambat akibat fragmentasi geopolitik dan risiko resesi di AS dan Eropa," ujarnya, dilansir dari laman pemberitaan Kompas.com, (1/2/2023).

Mengingat resesi ekonomi dapat berpengaruh pada kondisi ekonomi setiap keluarga, Sahabat Nova perlu lebih cermat dalam mengatur keuangan.

Dirangkum dari beragam sumber, berikut Nova.ID berikan tips mengatur keuangan secara bijak agar dapat bertahan di tengah situasi ekonomi yang tidak menentu.

1. Evaluasi dan atur ulang pos pengeluaran

Melambatnya pertumbuhan ekonomi global seringkali dibarengi dengan peningkatan laju inflasi. Akibatnya, harga kebutuhan pokok melambung tinggi.

Oleh sebab itu, Sahabat Nova sebaiknya mulai mengatur pos pengeluaran agar alur keuangan tetap stabil. Jika pengeluaran dirasa lebih boros dari biasanya, Sahabat Nova sebaiknya mengevaluasi dan mengatur kembali pos pengeluaran.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm