Ilustrasi uang. Tips mengelola keuangan untuk menghadapi ancaman resesi global
Ilustrasi uang. Tips mengelola keuangan untuk menghadapi ancaman resesi global ( SHUTTERSTOCK/AIRDRONE)

Ramalan Keuangan 2023: UMKM Perempuan Jadi Sekoci dalam Badai Resesi

3 Februari 2023 07:46 WIB

SonoraBangka.id - Memang, diketahui bahwa akhir-akhir ini gembar-gembor resesi masih menghantui prediksi ramalan keuangan 2023.

Ramalan keuangan 2023, kemerosotan di sektor ekonomi belakangan ini memang jadi momok paling besar saat harus beralih ke tahun depan.

Meski belum tentu benar-benar terjadi, ramalan keuangan 2023 ini tetap bikin hati waswas untuk melangkah ke tahun 2023 nanti.

Tapi, jangan dulu putus harapan, Sahabat NOVA.

Kita masih bisa keluar dari kecemasan ini dan tetap aman secara keuangan, kok.

Zakir Machmud, Peneliti Senior dari Lembaga Penyelidikan Ekonomi Masyarakat, Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia (LPEM) FEB UI punya prediksi bahwa UMKM akan menggerakkan ekonomi Indonesia.

Beby Djenar, peramal kartu tarot, pun mengatakan UMKM dan perempuan akan menjadi harapan keluar dari ancaman resesi ekonomi di tahun depan.

Lantas, bagaimana prediksi keuangan 2023 dan perkembangannya menurut pengamat di tahun depan?

Perempuan Jadi Aktor Penting Menurut Zakir Machmud, prediksi perkembangan ekonomi global masih akan diwarnai oleh 5C, yakni Covid-19, conflict, commodity price, cost of living atau inflasi, dan climate change.

Kelima hal ini akan menjadi tantangan utama sektor ekonomi di tahun depan, terutama dengan adanya ancaman resesi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm