Mobil listrik konsep Daihatsu Ayla EV dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022).(KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO)
Mobil listrik konsep Daihatsu Ayla EV dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022).(KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO) ( KOMPAS.COM)

Daihatsu Bicara Mengenai Mobil Listrik di Indonesia

5 Februari 2023 18:21 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengucurkan investasi Rp 2,9 triliun untuk pembangunan pabrik baru di Karawang yang mempunyai fasilitas modern dan digadang-gadang mampu memproduksi kendaraan elektrifikasi.

"Fasilitas Karawang Assembly Plant Line 2 ini juga bisa untuk memproduksi kendaraan listrik," ucap Yasushi Kyoda, President Director PT ADM, dalam seremoni pabrik di Jawa Barat, Kamis (2/2/20230).

Kehadiran produk elektrifikasi Daihatsu memang sudah banyak dinanti. Apalagi sejak kemunculan konversi Ayla EV dan Rocky hybrid pada ajang GIIAS 2022 lalu.

Walau hingga ini Daihatsu masih menutup rapat keran informasi soal produk elektrifikasi untuk pasar Indonesia, namun terkait proses studinya akan segera dilakukan.

Hal ini disampaikan Executive Vice President Daihatsu Motor Co, Ltd (DMC) Hiromasa Hoshika, yang menjelaskan pembangunan pabrik baru di Karawang menjadi bagian dari bentuk upaya mereduksi karbon emisi.

"Kami akan menghadirkan teknologi terbaik di fasilitas ini. Kami sudah meluncurkan mobil listrik di Jepang dan kami sedang studi untuk diperkenalkan di pasar Indonesia," kata Hoshika.

Saat dikonfirmasi secara terpisah soal rencana studi tersebut, Marketing Director dan Director Corporate Planning & Communications ADM Sri Agung Handayani, belum mau berbicara banyak, termasuk soal langkah apakah hybrid dulu atau langsung ke full listrik.

Agung cuma memberikan kepastain, untuk tahun ini Daihatsu Indonesia belum berencana meluncurkan produk elektrifikasi.

"Idealnya kami ingin keduanya (hybrid dan full listrik), tapi nanti akan dilihat mana yang lebih prioritas untuk kebutuhan konsumen di Indonesia. Untuk sekarang belum, tapi kami menuju ke sana (elektrifikasi) karena bagian dari komitmen dengan pemerintah," ucap Agung.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Daihatsu Bicara Soal Mobil Listrik di Indonesia", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/05/112100615/daihatsu-bicara-soal-mobil-listrik-di-indonesia.


SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm