Ilustrasi penculikan anak
Ilustrasi penculikan anak ( Shutterstock )

Yuk Ketahui 3 Saran dari Psikolog untuk Mencegah Penculikan Anak

8 Februari 2023 16:53 WIB

SonoraBangka.id - Akhir-akhir ini, isu penculikan anak kembali ramai diperbincangkan. Entah itu benar atau tidak, isu penculikan anak ini membuat para orangtua merasa was-was dan cemas.

Sebagai orangtua, kita tentu tidak ingin anak kita menjadi korban penculikan. Oleh sebab itu, kita perlu mengetahui cara mencegah penculikan anak.

Lantas bagaimana cara agar anak terhindar dari penculikan? Psikolog anak serta founder dan praktisi @theraplayid, Astrid Wen, M.Psi, membagikan sejumlah tips berikut ini.

1. Pastikan sistem kemanan lingkungan

Astrid mengatakan, penculikan merupakan kejahatan yang terjadi di luar kontrol kita sebagai orang tua.

Sehingga menurutnya, langkah pencegahan ini bukan hanya perlu dilakukan oleh orang tua saja, tetapi harus melibatkan sistem keamanan di lingkungan tempat tinggal.

"Tentu kita perlu menjaga anak-anak kita. Tapi tugas menjaga anak sebenarnya tuntutannya bukan hanya pada orangtua saja, tapi juga pada sistem keamanan lingkungan," ujar Astrid saat dihubungi NOVA, Senin (30/01).

Untuk mencegah penculikan anak terjadi, pastikan bahwa lingkungan rumah kita memiliki sistem keamanan yang baik.

"Kita bisa menggerakkan RT kita atau komplek untuk punya sistem keamanan yang terjaga, cukup baik. Misalnya ada penjagaan siskamling yang cukup teratur. Itu enggak boleh diremehkan," sarannya.

Selain itu, Sahabat NOVA juga bisa memasang kamera CCTV dan/atau memelihara anjing penjaga, jika memungkinkan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm