Ilustrasi
Ilustrasi ( Thinkstockphotos)

Kamu Sariawan Saat Puasa? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

12 Februari 2023 17:52 WIB

SonraBangka.id - Apakah ada diantara kamu yang lebih sering mengalami sariawan selama bulan puasa? Tahukah kamu apa penyebabnya?

Munculnya sariawan saat sedang menjalankan puasa ternyata dapat dipicu oleh melonjaknya populasi bakteri di mulut, akibat tidak ada makanan yang kita makan sepanjang hari.

Kok bisa?

Melansir dari Health.grid.id, disaat perut kita kosong, asam lambung biasanya naik dan pengaruhnya dirasakan pada mulut. 

Nah kondisi mulut yang masam inilah yang sangat disukai oleh bakteri itu, karena dengan kondisi tersebut mereka dapat berkembang biak dengan sangat cepat.

Lalu karena kita tidak mengkonsumsi makanan dan minuman dalam waktu yang relatif lama, daya tahan tubuh kita juga mengalami penurunan.

Dengan keadaan yang seperti ini, bakteri jauh lebih mudah memicu peradangan dan timbul sariawan.

Peradangan yang terjadi itu tidak hanya bisa terjadi di dalam mulut kamu loh Kawan Puan, tapi juga tenggorokan.

Maka enggak heran jika kamu merasakan nyeri tenggorokan saat berpuasa.

Nah untuk mengatasi sariawan yang sudah terlanjur muncul, melansir dari Kompas.com, berikut beberapa hal yang bisa kamu coba.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm