Servis mobil di bengkel resmi (Nissan Setiabudi Semarang )
Servis mobil di bengkel resmi (Nissan Setiabudi Semarang ) ( KOMPAS.COM)

Cara untuk Hindari Pembengkakan Biaya Saat Servis Mobil

12 Februari 2023 21:58 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Dalam melakukan perawatan mobil, kadang-kadang kita mengalami pembekakan biaya. Dari yang awalnya hanya ingin melakukan perawatan penggantian oli dan tune up, namun ujung-ujungnya malah melakukan penggantian berbagai komponen.

Menyikapi hal ini, ada baiknya bila pemilik mobil lebih pintar dalam mengatur skala prioritas penggantian onderdil mobil atau perbaikan. Terlebih lagi, jika pembengkakan biaya perawatan mobil dirasa cukup memberatkan.

Lantas, bagaimana cara menghindari pembengkakan biaya perawatan mobil?

Pemilik Sriyatin Car Agus Setiawan mengatakan, sedikit-sedikit pemilik mobil perlu memahami jenis kerusakan pada mobil untuk menghindari pembengkakan biaya perbaikan yang tidak perlu.

“Onderdil yang rusak itu sifatnya bisa darurat, sehingga harus diganti, bila tidak maka akan mengakibatkan celaka atau menambah kerusakan komponen lain, dan ada juga yang sifatnya bisa diganti nanti, itu bisa dibikin skala prioritasnya” ucap Agus.

Beberapa kerusakan onderdil yang sifatnya urgen tidak bisa ditunda perbaikannya, atau terpaksa meninggalkan mobil tetap di bengkel.

“Seperti kebocoran air radiator, motor kipas radiator mati, itu wajib diperbaiki sebelum mobil digunakan agar tidak terjadi panas berlebih yang bisa menyebabkan kerusakan lebih banyak,” ucap Agus.

Dengan memahami atau melakukan diskusi dengan pihak bengkel, seharusnya akan didapatkan solusi terbaik menyesuaikan bujet. Menurut Agus, onderdil yang bisa diganti lain waktu ini biasanya terkait dengan masa pakai onderdil.

“Seperti kampas rem yang belum menyentuh limit ketebalannya, meski terlihat secara kasat mata memang tipis, lalu filter udara yang masih bisa digunakan lagi dengan cukup membersihkannya,” ucap Agus.

Adapun onderdil yang rusak sifatnya cuma soal keindahan, itu bisa direncanakan untuk dilakukan penggantian ketika memiliki dana lebih atau dengan perencanaan yang matang.

“Seperti mika lampu mobil pecah, ada goresan di bodi dan sejenisnya itu bisa diganti nanti saja, soalnya kalau tidak diganti hanya berdampak pada keindahan saja,” ucap Agus.

Jadi, dengan membuat skala prioritas yang didiskusikan dengan pihak bengkel bisa menghindari pembengkakan biaya perawatan mobil.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Hindari Pembengkakan Biaya Saat Servis Mobil", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/12/110100715/cara-hindari-pembengkakan-biaya-saat-servis-mobil.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm