Kendaraan bermotor melambat akibat terjebak kemacetan di jalan Jenderal Sudriman, Jakarta Pusat, Kamis (8/8/2019). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan untuk memperluas sistem pembatasan kendaraan bermotor berdasarkan nomor polisi ganjil dan genap. Sosialisasi perluasan ganjil genap dimulai da
Kendaraan bermotor melambat akibat terjebak kemacetan di jalan Jenderal Sudriman, Jakarta Pusat, Kamis (8/8/2019). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan untuk memperluas sistem pembatasan kendaraan bermotor berdasarkan nomor polisi ganjil dan genap. Sosialisasi perluasan ganjil genap dimulai da ( KOMPAS.COM)

Lakukan Cara Ini Supaya Konsumsi BBM Mobil Tidak Boros

13 Februari 2023 21:59 WIB

SONORABANGKA.ID - Situasi Jalan macet identik dengan borosnya konsumsi bahan bakar. Hal itu dikarenakan jarak yang ditempuh suatu kendaraan kecil, sementara konsumsi bahan bakar tetap terjadi lantaran mesin tetap bekerja selama di jalan macet.

Oleh karena itu, borosnya konsumsi bahan bakar di jalan macet tidak bisa dihindari. Tapi, pengemudi tetap bisa mengupayakan agar efisiensi konsumsi bahan bakar terjadi dengan cara melakukan eco driving.

Bagaimana cara melakukan eco driving di jalan yang macet?

Mekanik Aha Motor Yanto mengatakan untuk mengoptimalkan konsumsi bahan bakar di jalan macet, sebaiknya pengendara bisa memainkan pedal gas dengan bijak.

“Dalam hal ini, tidak perlu menginjak pedal gas terlalu dalam dan spontan, cukup pelan saja karena kondisi jalan juga padat, tidak lama juga akan berhenti lagi,” ucap Yanto kepada Kompas.com, Minggu (12/2/2023).

Dia mengatakan dengan menginjak pedal gas dalam dan spontan, maka bahan bakar yang dibakar akan lebih banyak karena merespons kebutuhan mesin.

“Berhubung jalan macet, maka hal itu tidak dibutuhkan karena banyak bahan bakar yang sia-sia terbakar,” ucap Yanto.

Dia juga mengatakan saat mengoperasikan gigi, khususnya transmisi manual pengendara bisa menjaga putaran mesin.

“Sebelum sampai putaran 3000 rpm, tuas transmisi sebaiknya dipindahkan ke yang lebih tinggi untuk menjaga konsumsi bahan bakar tidak boros,” ucap Yanto.

Dia mengatakan akan lebih baik kalau pengemudi memanfaatkan gaya dorong mesin dan engine brake.

“Saat melaju jangan sungkan untuk memanfaatkan gaya dorong mobil, biasanya setelah lepas gas akan masih ada gaya dorong, begitu juga untuk memperlambat laju kendaraan seminim mungkin menginjak pedal rem,” ucap Yanto.

Cara tersebut menurut Yanto akan mengoptimalkan setiap bahan bakar yang terpakai menjadi tenaga yang bisa mencapai jarak tempuh tertentu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Lakukan Cara Ini Agar Konsumsi BBM Mobil Tidak Boros", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/13/124200215/lakukan-cara-ini-agar-konsumsi-bbm-mobil-tidak-boros.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm