Ilustrasi irisan bawang bombai.
Ilustrasi irisan bawang bombai. ( DOK.SHUTTERSTOCK/A. Zhuravleva)

Tidak Gosong Dan Layu, Berikut Ini Cara Masak Bawang Bombai

15 Februari 2023 18:04 WIB

SonoraBangka.id - Sedang ingin membuat masakan dari bawang bombai? Ada tips memasak bawang bombai agar hasilnya tidak gosong dan layu.  Salah satu bumbu dasar yang biasa dimasak dengan cara ditumis ini, memiliki cara masaknya agar hasilnya tidak berubah warna sehingga menghasilkan cita rasa angus pada masakan. Dilansir dari beberapa sumber, simak tips memasak bawang bombai berikut ini. 

1. Cara masak bawang bombai agar tidak layu 

Dilansir dari majalah Sedap / ED 03 2017 terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, saat akan menumis sayuran, bawang bombai sering kali ikut menjadi layu. Ada cara agar bawang bombai tidak layu.  Jadi, masukkan bahan lainnya kemudian angkat sebagian tumisan bawang bombai. Lanjutkan menumis, menjelang diangkat, masukkan kembali bawang bombai dalam masakan. 

2. Aduk-aduk bawang bombai

Dilansir dari BHG, panaskan minyak atau mentega di atas api sedang hingga tinggi. Gunakan sekitar satu sendok makan lemak. Tumis bawang bombai. Gunakan spatula tahan panas atau sutil kayu untuk mengaduk irisan bawang bombai. Adukbawang bombai hingga pinggirannya berwarna kecokelatan untuk memunculkan rasa manis.

3. Jangan taruh secara menumpuk

Pada saat akan memasaknya, ratakan bawang bombai. Jangan taruh secara bertumpukkan agar matang merata.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Masak Bawang Bombai agar Tidak Gosong dan Layu", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/02/13/111100175/3-cara-masak-bawang-bombai-agar-tidak-gosong-dan-layu.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm