Ferrari resmi mengungkap mobil balap Formula 1 untuk musim 2023.(Foto: Carscoops.com)
Ferrari resmi mengungkap mobil balap Formula 1 untuk musim 2023.(Foto: Carscoops.com) ( KOMPAS.COM)

Ferrari Luncurkan Mobil Balap Formula 1 untuk Musim 2023

15 Februari 2023 22:30 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Ferrari resmi mengungkap mobil balap Formula 1 untuk musim 2023. Pabrikan berlambang "Kuda Jingkrak" itu melansir Ferrari SF-23 itu langsung di fasilitas internal di Sirkuit Fiorano, Italia.

Mobil baru ini akan akan dikendarai oleh duet pebalap Charles Leclerc dan Carlos Sainz yang sudah bersama tim sejak 2021. Ferrari berharap mobil baru membuat pebalapnya meraih gelar juara dunia tahun ini.

Sekilas tidak banyak perbedaan antara mobil musim sebelumnya. "Jet darat" tersebut masih menggunakan skema warna merah solid dan sayap hitam seperti tahun lalu.

Walau mirip bukan berarti sama, ada beberapa pembaruan yang cukup signifikan. Terutama di bagian karbon pada sirip hiu dan kerucut hidung depan yang berfungsi sebagai aksen hitam.

Selain itu pelat ujung sayap depan dan belakang sekarang berwarna merah dibandingkan dengan warna hitam tahun lalu. Permukaan atas sayap belakang yang sebelumnya kosong kini menampilkan logo "Long F" Ferrari.

Dari segi desain, SF-23 mungkin terlihat mirip dengan F1-75 tahun lalu, tetapi Ferrari memastikan perubahan mekanisnya signifikan.

“Mobil 2023 kami adalah evolusi dari mobil yang kami kendarai tahun lalu, tetapi kenyataannya, mobil ini telah didesain ulang sepenuhnya,” kata Enrico Cardile, Head of Chassis Area Ferrari dilansir dari Carscoops, Rabu (15/2/2023).

“Di sisi aerodinamis, kami meningkatkan downforce vertikal, untuk beradaptasi lebih jauh dengan peraturan aero baru dan mencapai karakteristik keseimbangan yang diinginkan. Suspensi juga telah didesain ulang, untuk mendukung aerodinamis dan meningkatkan jangkauan penyetelan yang dapat dilakukan pada mobil di lintasan,” kata dia.

Sementara tim lain cuma mengungkapkan livery untuk musim 2023, Ferrari benar-benar menjadikan SF-23 sebagai bagian dari acara peluncuran sesuatu yang belum pernah mereka lakukan sejak 2017.

Frederic Vasseur, kepala tim yang baru direkrut mengatakan tujuan tim tetap sama seperti musim-musim sebelumnya yaitu memenangi gelar.

“Selama lima minggu terakhir, saya memiliki kesempatan untuk mengenal banyak anggota tim kami. Kami memiliki sekelompok orang yang hebat di sini dan jelas bahwa motivasi tinggi di seluruh tim," ujar Vasseur.

"Tujuan kami adalah untuk memenangkan kejuaraan, yang tidak akan menjadi tugas yang mudah karena pesaing kami akan memiliki target yang persis sama. Kami harus membawa pola pikir yang benar bersama kami dan selalu bekerja untuk menjadi lebih baik besok daripada hari ini,” kata dia.

Saat ini tinggal Mercedes dan Alpine yang belum mengungkapkan mobil 2023. Mercedes akan meluncurkan mobil baru pada 15 Februari (Rabu) sedangkan Alpine sehari setelahnya pada 16 Februari 2023.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ferrari Luncurkan Mobil Balap Formula 1 Musim 2023 ", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/15/104200915/ferrari-luncurkan-mobil-balap-formula-1-musim-2023-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm