Ilustrasi pekerja
Ilustrasi pekerja ( freepik.com/pch.vector)

Apa Itu BLK, Pelatihan Kerja Gratis Kemnaker sebelum Kartu Prakerja?

18 Februari 2023 10:57 WIB

SonoraBangka.id - Diketahui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) sudah memiliki lembaga pelatihan kerja, sebelum ada Kartu Prakerja.

Lembaga tersebut bernama Balai Latihan Kerja (BLK) yang telah ada di berbagai kota dan kabupaten di Indonesia.

Sebut saja beberapa di antaranya ialah BLK Padang, BLK Bandung, BLK Surakarta, BLK Makassar, dan masih banyak lainnya.

Setidaknya, terdapat 305 BLK di seluruh pelosok tanah air yang beberapa dikelola pemerintah pusat atau Kemnaker, dan sebagian lainnya dikelola pemerintah daerah.

BLK sendiri merupakan tempat pelatihan untuk mendapatkan keterampilan baru maupun meningkatkan keahlian yang sudah dimiliki seseorang.

Dalam hal ini, BLK di tiap-tiap daerah rata-rata membuka beberapa bidang kejuruan, semisal Teknik, Tata Busana, Kecantikan, Boga, dan masih banyak lagi.

Ada pula kejuruan di bidang bahasa asinng, mulai dari bahasa Inggris, Jepang, dan Korea.

Bahkan, di sejumlah daerah lainnya, kejuruan yang dibuka bisa saja berbeda sesuai banyaknya minat pencari kerja, lho.

Semisal ada bidang pariwisata dengan jurusan barista di BLK Padang yang baru-baru ini dipersiapkan sebagaimana mengutip Kompas.com.

"Kami hadir bersama-sama Pemerintah Kabupaten Solok untuk mengembangkan SDM. Utamanya, SDM yang ada di Solok, dan umumnya di Sumbar," terang Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi saat mengunjungi Solok beberapa waktu lalu. 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm