Ilustrasi
Ilustrasi ( Kompas.com)

Harus Satu Visi, Ini 7 Cara Diskusi dengan Pasangan Soal Childfree

20 Februari 2023 11:12 WIB

SonoraBangka.id - Belakangan, istilah childfree sedang ramai dibahas di media sosial. Childfree adalah hak dari setiap perempuan.

Bagi yang belum tahu, childfree sendiri adalah keputusan pasangan menikah untuk tidak memiliki seorang anak.

Saat kita sudah memupuk keyakinan pada diri sendiri, sudah waktunya berdiskusi dengan pasangan soal keputusan ini.

Bila kita tidak ingin memiliki keturunan tapi pasangan tidak setuju akan hal itu, tentu saja ini akan menjadi masalah yang tidak terpecahkan sampai kapan pun.

Lalu, jika masih gugup atau resah saat ingin mengajak pasangan berbicara, coba renungkan kembali, mungkin saja masih ada hal mengganjal yang membuat hati kita ragu. Mengapa hal ini perlu kita lakukan? 

Pasalnya, jika kita sudah bisa memberikan pemahaman kepada diri sendiri terkait dengan keputusan yang akan dijalani, berbicara dengan pasangan pasti akan jauh lebih mudah.

Seperti halnya yang dikatakan oleh psikolog klinis anak, Karina Negara B.A., M.PSI.

“Kalau mau menjelaskan ke orang lain, harus bisa menjelaskan dulu ke diri sendiri. Kalau sudah jelas, harusnya simpel menyampaikannya ke pasangan."

"Kalau pasangannya tidak setuju, ini isu besar, masuk ke kategori konflik yang tidak bisa diselesaikan."

"Jadi dibahasnya harus sebelum menikah,” ujar Karina Negara.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm