Ilustrasi berdoa
Ilustrasi berdoa ( Sumber: tribunnews.com)

Baca Doa Ini Menjelang Ramadhan 2023, Amalan Nabi Muhammad SAW!

20 Februari 2023 13:34 WIB

SonoraBangka.id - Sebagai umat muslim, kita dianjurkan untuk berdoa sebelum memasuki bulan Ramadhan 2023.

Berikut doa-doa menyambut bulan suci Ramadhan 2023 yang hingga kini masih dilakukan oleh umat islam.

1. Doa dipertemukan dengan bulan ramadhan

Doa ini diriwayatkan oleh Sayyidina ‘Ubadah bin al-Shamith (34 H). Dalam hadits tersebut Rasulullah SAW mengajarkan doa atau kalimat yang dibaca saat menyambut Ramadhan datang. Berikut riwayatnya (sanadnya hasan):

عن عبادة بن الصامت رضي الله عنه, قال: كان رسول الله صلي الله عليه وسلم يعلمنا هؤلاء الكلمات إذا جاء رمضان أن يقول أحدنا: أللهمَّ سَلِّمْنِي مِنْ رَمَضَانَ، وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِي، وَتَسَلَّمْهُ مِنِّي مُتَقَبَّلًا

“Dari ‘Ubadah bin al-Shamith radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengajari kami bacaan berikut ini untuk dibaca oleh salah satu dari kami saat Ramadhan datang:

“Allahumma salimnî min ramadlâna wa sallim ramadlâna lî wa tasallamhu minnî mutaqabbalan”

Artinya: Ya Allah, sampaikan aku [dengan selamat menuju bulan] Ramadhan. Sampaikanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah [amal-amal]ku [di bulan] Ramadhan. (Imam Abul Qasim Sulaiman bin Ahmad ath-Thabrani, Kitâb al-Du’â’, Kairo: Dar al-Hadits, 2007, hlm. 311).

2. Doa agar diterima amalan pada bulan ramadhan 

Salah satu doa yang dapat diamalkan sebelum menyambut bulan ramadhan ialah doa agar diterima amal ibadah selama sebulan ramadhan. Seperti halnya diriwayatkan dari Yahya bin Abi Katsir, seorang ulama tabi’in bahwa beliau mengatakan:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm