Ilustrasi mengatur pengeluaran.
Ilustrasi mengatur pengeluaran. ( DOK. Kredit Pintar)

Selama Bulan Puasa, Yuk Ikuti 3 Cara Menghemat Pengeluaran Berikut Ini

22 Februari 2023 15:34 WIB

SonoraBangka.id - Biasanya, mendekati bulan Ramadan dan Lebaran, akan ada perubahan pola konsumsi masyarakat.

Sehingga diperlukan cara menghemat pengeluaran selama bulan puasa.

Ya, biasanya pengeluaran hanya dialokasikan untuk makan sehari-hari. Namun, saat Ramadan, pengeluaran biasanya lebih besar.

Padahal sama seperti bulan biasa, di bulan Ramadan tetap makan 3 kali sehari, hanya waktunya saja yang berbeda, yakni buka puasa, makan malam, dan sahur.

Bahkan, ada yang hanya makan 2 kali sehari jika telah merasa cukup dengan berbuka.

Tapi, saat Ramadan seperti ini kita lebih konsumtif dibandingkan bulan lainnya. Kita terkadang "lapar mata" saat membeli makanan untuk berbuka puasa.

Dan di beberapa kesempatan, kita juga melakukan kegiatan buka puasa bersama.

Tommy Hilman, seorang Certified Financial Planner (CFP) Finante menyebut, bisa terjadi dua kemungkinan di bulan Ramadan terkait pengeluaran, yakni bisa lebih hemat atau lebih boros.

"Ramadan ini mungkin dapat dibilang bisa lebih hemat atau lebih boros gitu ya."

"Artinya kalau teman-teman yang menjalankan ibadah puasa, itu kan mungkin kelihatannya makan lebih sedikit, mungkin lebih bisa dikontrol."

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm