ban RFT(Carid.com)
ban RFT(Carid.com) ( KOMPAS.COM)

Ini Keuntungan Mobil Menggunakan Ban Jenis Run Flat Tire

22 Februari 2023 22:43 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Run Flat Tire (RFT) menjadi ban mobil paling andal dalam menjaga keamanan pengendara. Pasalnya, walau ban ini kena ranjau lalu kempis, mobil tetap dapat dijalankan tanpa takut merusak ban.

Berdasarkan teknologi RFT ini lah beberapa mobil keluaran baru tidak lagi disediakan ban cadangan. Sebab ban serep tidak lagi dibutuhkan kalau mobil sudah menggunakan ban RFT.

Teknologi ban RFT yang dikembangkan oleh beberapa produsen ban memiliki konstruksi yang berbeda-beda, namun secara umum ban ini membuat ban mobil tetap menapak sempurna tidak melipat ban ketika ban bocor.

On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk. Zulpata Zainal, mengatakan ban yang paling aman digunakan untuk menghadapi ranjau paku adalah ban jenis RFT.

“Meski ban sudah bocor karena ranjau, ban masih bisa digunakan, mobil tetap aman melaju,” ucap Zulpata kepada Kompas.com, Selasa (21/2/2023).

Dia mengatakan ban RFT walau ditusuk beberapa kali, dibor sekali pun tetap bisa digunakan.

Hal serupa juga disampaikan oleh Head of Original Equipment (OE) Bridgestone Indonesia Fisa Rizqiano. Dia mengatakan, salah satu jenis ban yang dapat menanggulangi ancaman ranjau di jalan adalah ban RFT.

“Ban RFT saat menjadi ban yang paling handal dari segi keamanan, bisa digunakan untuk bahaya ranjau di jalan, ban ini akan tetap bisa digunakan mobil tetap aman melaju melanjutkan perjalanan,” ucap Fisa kepada Kompas.com, Selasa (21/2/2023).

Tapi, Fisa mengatakan harga ban RFT masih cukup mahal di Indonesia, karena saat ini masih mengimpor dari luar negeri.

“Konsekuensinya kalau mau menggunakan ban RFT ya harus mau mengeluarkan kost yang lebih tinggi, saat ini Bridgestone Indonesia juga masih mendatangkan ban ini dari luar negeri,” ucap Fisa.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Keuntungan Mobil Pakai Ban Jenis Run Flat Tire", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/22/161200815/ini-keuntungan-mobil-pakai-ban-jenis-run-flat-tire.
Penulis : Erwin Setiawan
Editor : Aditya Maulana

Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6
Download aplikasi: https://kmp.im/app6

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm