Pelek dan rem pada skutik bongsor(Dok. AHM)
Pelek dan rem pada skutik bongsor(Dok. AHM) ( KOMPAS.COM)

Inilah Teknik Pengereman Pada Motor Matik yang Benar

23 Februari 2023 21:53 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Mengendarai skuter matik alias skutik memang praktis dan mudah. Tak repot di jalan apalagi saat kondisi macet masih bisa tetap santai, bahkan pengendara dapat membawa barang lebih lantaran bagasi sedikit lebih luas. 

Namun demikian, tidak sedikit pengendara yang masih sering salah kaprah terutama dalam menggunakan teknik pengereman. Tak sadar cara yang dilakukan itu salah dan menyebabkan kecelakaan lalu lintas. 

Untuk itu, instruktur keselamatan berkendara menyarankan sejumlah teknik pengereman yang benar saat mengendarai motor matik. 

Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving and Consulting Jusri Pulubuhu mengatakan, bahwa  tidak dianjurkan menekan rem terlalu lama. Pengendara skutik sebaiknya mengkombinasikan antara rem dan teknik engine brake untuk menghindari kampas mengalami penurunan kemampuan teknisnya. 

"Ada jeda waktu yang diberikan, sekitar 3-6 detik. Tekanan terus-menerus, minyak mendidih dan penuh gelembung udara, vapour lock istilahnya. Itu singkat dan enggak ada gejala apa-apa," kata Jusri. 

Teknik tersebut dapat diterapkan di perkotaan, menurut Jusri, pengereman yang baik pengaruhnya besar, mulai bahan bakar yang irit, usia komponen lebih awet, termasuk juga aman dari tabrak belakang.

Jusri menyarankan, perlu adaptasi pengereman. Nantinya, penerapannya bisa digabungkan rumus jarak aman berkendara. Dengan jumlah kendaraan bermotor di perkotaan yang padat, penyesuaian teknik tersebut bisa sangat sulit. 

"Kampas rem usianya tentu beda, rem jarang digunakan. Yang perlu, itu jarak aman antar kendaraan. Mepet justru sering tekan rem, lama-lama kan rugi sendiri," ucapnya. 

Kepala Bengkel Honda Zirang Motor Semarang Nurhadi Muslim mengatakan, kerusakan rem yang paling sering terjadi adalah rem terkunci dan kampas yang habis tidak rata kedua sisi.

Rem macet tersebut, menurutnya, dikarenakan tekanan dan gesekan di bagian kampas dan master rem, sehingga piston tidak bisa mengunci roda untuk berhenti.

"Panas rem, membuat cakram dan kampas lengket. Itu lama dan terus-menerus, akhirnya enggak bisa kembali, macet dan stag. Atau seperti 'ngerem' terasa menekan," jelas Nurhadi.

Untuk perbaikannya, Nurhadi mengatakan, penggantian komponen bisa menyeluruh dan satu set. Berisi, master rem, kampas, dan disc brake kalau memang terlanjur bergelombang terlalu parah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Begini Teknik Pengereman Motor Matik yang Benar", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/23/111200315/begini-teknik-pengereman-motor-matik-yang-benar.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm