Minum Air Putih
Minum Air Putih ( Shutterstock )

Yuk Ketahui Takaran Minum Air Putih Yang Benar Untuk Diet Sehat

25 Februari 2023 13:59 WIB

SonoraBangka.id - Takaran diet sehat dengan minum air putih tidak boleh sembarangan hingga dikhawatirkan dehidrasi atau keracunan air putih.

Ya, tentunya untuk diet sehat dengan minum air harus diperhatikan juga takarannya. 

Dilansir dari Healthline, sebagian besar penelitian melihat efek dari minum satu porsi air sebanyak 0,5 liter (17 ons).

Minum air meningkatkan jumlah kalori yang dibakar, yang dikenal sebagai pengeluaran energi saat istirahat.

Pada orang dewasa, pengeluaran energi saat istirahat telah terbukti meningkat 24-30% dalam waktu 10 menit setelah minum air. Hal ini berlangsung setidaknya selama 60 menit.

Mendukung hal ini, sebuah penelitian terhadap anak-anak yang kelebihan berat badan dan obesitas menemukan peningkatan 25% dalam pengeluaran energi saat istirahat setelah minum air dingin.

Sebuah penelitian terhadap perempuan yang kelebihan berat badan meneliti efek dari peningkatan asupan air hingga lebih dari 1 liter (34 ons) per hari.

Mereka menemukan bahwa selama periode 12 bulan, hal ini menghasilkan penurunan berat badan sebanyak 2 kg (4,4 pon).

Karena para perempuan ini tidak melakukan perubahan gaya hidup apa pun kecuali minum lebih banyak air, hasil ini sangat mengesankan.

Selain itu, kedua penelitian ini menunjukkan bahwa minum 0,5 liter (17 ons) air menghasilkan tambahan 23 kalori yang terbakar. Dalam setahun, jumlah tersebut setara dengan sekitar 17.000 kalori - atau lebih dari 2 kg (4,4 pon) lemak.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm