Suasana Pantai Telapak Antu yang ramai dikunjungi warga saat akhir pekan, Minggu (26/2/2023).
Suasana Pantai Telapak Antu yang ramai dikunjungi warga saat akhir pekan, Minggu (26/2/2023). ( Bangkapos.com/Rifqi Nugroho )

Warga Tunjukkan Penampakan Bekas Telapak Kaki, Bagaimana Asal Usul Nama Pantai Tapak Antu di Pulau Bangka?

27 Februari 2023 08:53 WIB

SonoraBangka.id -  Banyak sekali wisata pantai yang ada di Bangka Belitung, salah satunya terdapat pantai bernama Tapak Antu (Telapak Hantu).

Pantai Tapak Antu terletak di Desa Batu Belubang, Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah. Jarak tempuh kurang lebih 2 Km dari Kota Pangkalpinang.

Irsyadi (50) pedagang yang merupakan warga setempat mengatakan, nama pantai Tapak Antu sudah ada sejak lama, karena adanya mitos dulunya banyak dihuni oleh makhluk gaib.

"Kalau sejarahnya dulu ada banyak makhluk gaib, itu ditandai adanya telapak kaki di batuan pantai ini," ungkap Irsyadi kepada Bangkapos.com, Minggu (26/2/2023).

Pria yang sudah berjualan di area tersebut sejak tahun 2007 itu menyampaikan, sejak 2010 sudah dilakukan pembangunan lapak berjualan oleh Pemerintah Provinsi Bangka Belitung.

"Kami berjualan sejak belum dibangunnya lapak-lapak ini. Dulu dibangun oleh Pemprov tapi saat ini dikelola oleh Pokdarwis dan Karang Taruna desa," tambah Irsyadi.

Suasana Pantai Telapak Antu yang ramai dikunjungi warga saat akhir pekan, Minggu (26/2/2023).
Pantai Telapak Antu yang ramai dikunjungi warga saat akhir pekan, Minggu (26/2/2023). ((Bangkapos.com / Rifqi Nugroho))

Pantai yang sudah dilengkapi dengan fasilitas mulai dari mushola, lahan parkir sampai dengan toilet ini ramai warga dikunjungi saat akhir pekan.

"Hari biasa ada tapi tidak begitu ramai, tapi sabtu-minggu lumayan lah. Banyak keluarga berlibur jadi lebih ramai," tuturnya.

Dalam berita yang tayang di Tribunnews.com berjudul "Jejak Telapak Kaki Hantu yang Tertinggal di Permukaan Batu Granit di Pantai Tapan Antu, Bangka

Warga setempat bernama Mang Min dengan sukarela menemani ke arah lokasi tempat Tapak Antu (Telapak Hantu) berada.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm