ustrasi Susu Kedelai
ustrasi Susu Kedelai ( Shutterstock)

Pengganti Susu Sapi, Berikut Ini Cara membuat Susu Kedelai Rumahan

28 Februari 2023 12:48 WIB

SonoraBangka.id -  Susu kedelai atau sari kedelai merupakan alternatif minuman pengganti susu sapi bagi orang dengan intoleransi laktosa. Susu kedelai cukup mudah untuk dibuat, kamu bisa mencoba sendiri di rumah dengan bahan sederhana. Susu kedelai dimasak dengan bahan terdiri dari, kacang kedelai, daun pandan, gula pasir, dan garam. Simak tips dan cara membuat susu kedelai ala rumahan, dikutip dari buku "Masak Step by Step ala Dapur Ane" (2019) karya Nova Perdana terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

Resep susu kedelai

Bahan:

250 gram kacang kedelai

1,5 liter air

1 lembar daun pandan, simpulkan

250 gram gula pasir

Garam halus sejumput 

Cara membuat susu kedelai:

1. Cuci bersih kacang kedelai, lalu rendam selama semalam, cuci bersih kembali lalu tiriskan, blender hingga halus dengan menambahkan sedikit air dari 1,5 liter agar mudah menghaluskannya, saring dengan kain bersih, sisihkan.

2. Masukkan air sisanya tadi ke dalam panci, lalu masukkan daun pandan, gula, sari kacang kedelai yang sudah disaring tadi, dan garam, masak menggunakan api sedang hingga mendidih sambil diaduk-aduk terus, angkat.

3. Sajikan. Tahan dua sampai tiga hari di dalam kulkas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tips dan Cara Membuat Susu Kedelai ala Rumahan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/02/27/220300575/tips-dan-cara-membuat-susu-kedelai-ala-rumahan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm