Penyanyi Lewis Capaldi kini menjadi sorotan usai tourette syndrome yang ia derita kambuh saat konser di Frankfrut, Jerman
Penyanyi Lewis Capaldi kini menjadi sorotan usai tourette syndrome yang ia derita kambuh saat konser di Frankfrut, Jerman ( Instagram/lewiscapaldi)

Apa Itu Tourette Syndrome yang Dialami Lewis Capaldi? Ini Gejalanya

1 Maret 2023 17:04 WIB

SonoraBangka.id - Saat ini, penyanyi Lewis Capaldi menjadi sorotan usai Tourette Syndrome yang ia derita kambuh saat konser di Frankfrut, Jerman.

Ya, Lewis Capaldi mengalami tic yang umum terjadi pada penderita Tourette Syndrome. Hal tersebut pun membuat Lewis Capaldi kesulitan bernyanyi.

Lantas, sebenarnya apa itu Tourette Syndrome?

Melansir Mayo Clinic, Tourette Syndrome adalah kelainan yang melibatkan gerakan berulang atau suara yang tidak diinginkan (tic) yang tidak dapat dikontrol dengan mudah.

Orang dengan sindrom ini mungkin berulang kali mengedipkan mata, mengangkat bahu, atau mengeluarkan suara yang tidak biasa atau kata-kata yang menyinggung.

Tic biasanya muncul antara usia 2 dan 15 tahun, dengan rata-rata sekitar usia 6 tahun.

Laki-laki memiliki kemungkinan tiga hingga empat kali lebih besar dibandingkan perempuan untuk mengalami sindrom Tourette.

Banyak orang dengan sindrom Tourette tidak memerlukan pengobatan saat gejalanya tidak mengganggu. Tic sering berkurang atau menjadi terkendali setelah masa remaja.

Gejala Tourette Syndrome

Tics adalah tanda khas sindrom Tourette. Gejala seperti gerakan atau suara yang tiba-tiba, singkat, dan terputus-putus dapat berkisar dari ringan hingga berat.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm