Ilustrasi guru mengajar di kelas.
Ilustrasi guru mengajar di kelas. ( (Kompas.com/Kontributor Nunukan, Sukoco))

Keterangan Psikolog Terkait Efektif Tidaknya Jam Belajar Anak Dilakukan pada Pagi Hari

1 Maret 2023 19:45 WIB

SonoraBangka.id - Mungkin Moms dan Dads sampai sekarang masih bertanya-tanya terkait jam belajar anak yang biasanya dimulai pada pagi hari.

Sebenarnya, apakah jam belajar pagi efektif atau tidak?

Jangan khawatir, karena psikolog akan membantu menjelaskan efektif atau tidaknya jam belajar pagi bagi anak itu sendiri.

Dampak Psikologis Jika Anak Diterapkan Jam Belajar Pagi

Menurut Seni Septiani Sanusi, S.Psi, sebenarnya setiap orang termasuk anak itu memiliki hak akan waktunya masing-masing.

"Hak tubuh itu ada yang buat istirahat, ada yang buat sosialisasi, tapi juga memang ada waktunya dimana lebih banyak otak akan digunakan untuk belajar tadi," kata Seni saat diwawancarai Nakita, Rabu (1/3/2023).

Seni menyampaikan, waktu subuh untuk belajar itu sebenarnya merupakan waktu yang kurang tepat.

Sebab, bisa saja anak memiliki hak tubuh untuk beribadah dan sarapan yang tidak bisa dilewatkan.

"Jadi, kalau dilihat, pasti ada alasannya kenapa sekolah itu mulainya jam pagi (saat matahari sudah terbit)," ucap psikolog di Klinik Psikologi Ramaniya ini.

"Karena, matahari itu kan sudah terbit, ya. Artinya, otak juga sebetulnya sudah menerima sinar matahari, sehingga dia sudah lebih siap untuk beraktivitas yang lain," terangnya.

Jadi, dalam kata lain, tubuh anak sebetulnya akan menyesuaikan dengan waktu sepanjang harinya.

Sumbernakita.grid.id
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm