Sekretaris Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkebunan Heru Tri Widarto menyampaikan pembahasan fokus program pengembangan kelapa di Indonesia dengan tema Way and Means of Sustainable Coconut Sourcing pada acara International Conference on Trade and Marketing of Coconut Products yang diselenggarakan di Hyderabad, India, mulai dari tanggal 27-28 Februari 2023.
Sekretaris Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkebunan Heru Tri Widarto menyampaikan pembahasan fokus program pengembangan kelapa di Indonesia dengan tema Way and Means of Sustainable Coconut Sourcing pada acara International Conference on Trade and Marketing of Coconut Products yang diselenggarakan di Hyderabad, India, mulai dari tanggal 27-28 Februari 2023. ( DOK. Humas Kementan)

Ditjenbun Upayakan Pemasaran Kelapa Indonesia ke Pasar Internasional

2 Maret 2023 18:12 WIB

SonoraBangka.ID - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Perkebunan (Ditjenbun) menggaungkan kelapa Indonesia ke pasar internasional.

Sekretaris Ditjenbun sekaligus Ketua Delegasi Indonesia Heru Tri Widarto mengatakan, pihaknya terus mendorong dan memotivasi para pekebun serta pelaku usaha perkebunan untuk memperkuat mutu dan kualitas kelapa.

"(Caranya) lewat pengembangan hilirisasi komoditas kelapa,” tutur Heru melalui keterangan persnya, Kamis (2/3/2023).

Hal tersebut disampaikan Heru saat ditemui pada acara International Conference on Trade and Marketing of Coconut Products di Hyderabad, India, 27-28 Februari 2023.

Pada agenda itu, Heru menyampaikan program pengembangan kelapa di Indonesia dengan tema "Way and Means of Sustainable Coconut Sourcing".

Heru menjelaskan, kemitraan antara pengusaha atau industri dengan pihak perkebunan perlu terus didorong. Sebab, kerja sama yang baik bisa menghasilkan produksi dan produk turunan yang baik.

“Tentu saja upaya ini akan memberikan dampak yang positif bagi pendapatan pekebun dan saling menguntukan, serta kelapa maupun produk turunan Indonesia akan semakin dikenal dan diminati pasar global,” jelas Heru.

Heru menambahkan, Indonesia saat ini tengah mengembangkan varietas kelapa genjah sesuai arahan Presiden Republik Indonesia (RI).

“Kementan melalui Ditjen Perkebunan melakukan penanaman kelapa genjah sebanyak 1 juta batang pada tahun 2022,” ungkap Heru.

Ditjen Perkebunan, kata Heru, juga tengah mengembangkan nursery kelapa di beberapa sentra produksi kelapa dan mendorong pengembangan korporasi kelapa di Jawa Tengah dan Maluku Utara.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm