Ilustrasi Phone Link di ketika dihubungkan dengan iPhone.
Ilustrasi Phone Link di ketika dihubungkan dengan iPhone. ( Microsoft)

Pengguna iPhone Bisa Buka iMessage di Windows 11

3 Maret 2023 17:06 WIB

SonoraBangka.ID - Microsoft belakangan memperbarui sistem operasi (OS) Windows 11 dengan sejumlah fitur baru. Salah satunya adalah pembaruan aplikasi Phone Link.

Pembaruan Phone Link kali ini cukup menarik. Sebab, melalui pembaruan tersebut pengguna iPhone kin bisa menghubungkan ponsel mereka dengan komputer (PC) Windows 11.

Sebelumnya, hanya pengguna ponsel Android saja yang bisa menggunakan Phone Link untuk menghubungkan ponsel dengan PC mereka.

Seperti diketahui, Phone Link bisa dipakai pengguna untuk melihat notifikasi, melakukan panggilan telepon, hingga melihat pesan singkat (SMS) yang ada dalam ponsel secara langsung dari PC tanpa harus repot membuka layar ponsel.

Dengan adanya dukungan iPhone di Windows 11, ini berarti pengguna iPhone bisa menggunakan aplikasi SMS bawaan ponsel tersebut, yaitu iMessage untuk pertama kalinya di Windows 11.

iMessage sendiri biasanya hanya bisa digunakan di ekosistem Apple atau antarperangkat buatan Apple. Oleh karena itulah fitur iMessage yang terhubung di Phone Link Windows 11 juga disebut sangat terbatas.

Misalnya fitur daftar pesan yang tersimpan. Pengguna iPhone hanya bisa melihat pesan iMessage yang baru masuk atau dikirim via aplikasi Phone Link saja, itu pun kalau iPhone masih terhubung dengan PC Windows 11.

Artinya, pengguna tidak bisa melihat riwayat percakapan iMessage yang ada di iPhone mereka, terutama ketika sebelum iPhone terhubung dengan Phone Link.

Selain itu, pesan iMessage yang diterima via Phone Link juga tidak akan dibedakan menjadi balon percakapan (bubble chat) berwarna hijau (dari perangkat selain Apple) atau biru (dari perangkat Apple).

Hal ini bisa terjadi karena iMessage hanya eksklusif di ponsel dan perangkat Apple saja. Lalu, pesan yang diterima atau dikirim dari Phone Link juga diterima via Bluetooth, sebelum nantinya dikirim langsung oleh iPhone yang terhubung menjadi iMessage.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm