ilustrasi es kacang merah.
ilustrasi es kacang merah. ( shutterstock/Muchlis I. Nugroho)

Gampang dan Segar, Berikut Ini Cara Membuat Es Kacang Merah

4 Maret 2023 17:07 WIB

SonoraBangka.id -  Es kacang merah cocok disajikan untuk menemani akhir pekan bersama keluarga di rumah. Sajian populer di Manado ini bukan hanya terbuat dari kacang merah rebus, melainkan potongan cincau, kolang-kaling, dan tambahan sirup. Cara membuat es kacang merah hanya memerlukan dua langkah sederhana. Ikuti resep es kacang merah dari buku "Aroma Rasa Kuliner Indonesia - Aneka Dessert" (2013) oleh Lilly T. Erwin terbitan Gramedia Pustaka Utama berikut ini. 

Resep es kacang merah

Bahan:

150 gr kacang merah kering (cuci, rendam selama 2 jam)

300 ml air untuk merebus kacang merah

100 gr cincau, iris dadu kecil

100 gr kolang-kaling manis siap pakai

5 sdm sirup merah

7 gr gula pasir

Es serut secukupnya 

Cara membuat es kacang merah

1. Rebus kacang merah dengan air hingga setengah matang. Masukkan gula pasir, masak kembali hingga empuk.

2. Siapkan gelas atau mangkuk saji. Isi dengan kacang merah rebus, tutup atasnya dengan sebagian cincau hitam, taburi kolang-kaling. dan beri es serut serta sirup merah. Hidangkan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Es Kacang Merah, Desserr Segar yang Mudah Dibuat", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/03/04/150800375/resep-es-kacang-merah-desserr-segar-yang-mudah-dibuat.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm