Ilustrasi perawatan rem sepeda motor(Dok. DAM)
Ilustrasi perawatan rem sepeda motor(Dok. DAM) ( kompas.com)

Perhatikan Ciri-ciri dari Kampas Rem Motor Mulai Aus

4 Maret 2023 22:00 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pengereman merupakan salah satu komponen yang vital pada sepeda motor. Komponen ini juga perlu diganti secara berkala agar tetap bekerja secara optimal.

Pada sistem pengereman, terdapat banyak komponen. Salah satu komponen yang perlu untuk diperiksa secara berkala adalah kampas rem.

Kampas rem berfungsi untuk memperlambat dan menghentikan putaran roda agar sepeda motor bisa berhenti dengan sempurna. Kerja kampas rem dapat berkurang akibat panas yang ditimbulkan dari gaya gesek saat pengereman.

Untuk itu, kampas rem yang baik adalah kampas rem yang mampu bekerja pada suhu panas. Sehingga, tidak terjadi pengerasan permukaan yang bisa membuat daya cengkram berkurang akibat panas berlebih.

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM) Ade Rohman, mengatakan, kalau sistem rem tidak bekerja dengan baik akibat berkurangnya kemampuan kampas rem menahan panas dari gaya gesek tersebut, rem bisa blong dan berisiko terjadi kecelakaan.

“Masalah lain juga bisa muncul akibat kampas rem yang habis atau aus. Selain berpotensi mengganggu kinerja sistem pengereman, kampas rem yang habis juga bisa merusak cakram atau dinding drum pada rem tromol," ujar Ade, dalam keterangan resminya.

Ade menambahkan, kerusakan pada sistem pengereman juga dapat menambah biaya perawatan yang harus dikeluarkan jadi lebih besar.

Untuk itu, penting melakukan pemeriksaan dan mengganti kampas rem yang habis atau aus. Berikut tanda-tanda kampas rem sudah aus:

1. Sistem Rem Tromol

Tingkat keausan rem bisa diketahui dengan cara menekan pedal rem.

"Jika indikator keausan bertepatan atau melewati tanda keausan, itu menunjukkan kampas rem sudah harus diganti. Periksa pula kondisi kampas rem dan diameter dalam drum brake dari roda sepeda motor," kata Ade.

2. Sistem Rem Cakram

Untuk sistem rem hidrolik atau biasa disebut rem cakram, indikator keausan dapat dilihat dari bawah kaliper rem.

"Periksa kondisi indikator keausan, jika kampas rem sudah menunjukan tanda aus, gantilah kampas rem dengan yang baru. Selain itu indicator lainnya adalah kapasitas minyak rem terlihat berkurang dari garis yang tertera pada tabung reservoir," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Perhatikan Ciri-ciri Kampas Rem Motor Mulai Aus", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/04/180200915/perhatikan-ciri-ciri-kampas-rem-motor-mulai-aus.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm