Ilustrasi quarter life crisis.
Ilustrasi quarter life crisis. ( SHUTTERSTOCK/Creativa Images)

Populer Saat Menginjak Umur 25 Tahun, Apa Arti Quarter Life Crisis?

5 Maret 2023 07:35 WIB

SonoraBangka.id - Mungkin, kita pernah bertanya pada diri sendiri tentang apa yang kita lakukan dalam hidup hingga mencari arti dari hidup yang telah dilalui.

Jika demikian, kita mungkin mengalami quarter life crisis. Konsep mengalami krisis di usia pertengahan hingga akhir dua puluhan yang kerap dialami muda-mudi selama beberapa dekade.

Meski terdengar menakutkan,  quarter life crisis sebenarnya normal terjadi. Anda hanya harus mengenali dan memahami perasaan Anda hingga tahu langkah pa yang seharusnya harus diambil.

Momen ini menjadi kesempatan Anda untuk merenungkan pilihan yang telah Anda buat dalam hidup.

Anda dapat memeriksa beberapa pilihan besar apakah masih sejalan dengan diri Anda saat ini.

Biasanya begitu seseorang menyadari bahwa mereka sedang mengalami krisis, mereka ingin mulai "memperbaiki" masalah dengan berhenti dari pekerjaan, mengakhiri hubungan atau bahkan pindah ke kota lain.

Namun perlu diingat, quarter life crisis tidak melulu selesai dengan sebuah perubahan drastis.

Anda dapat menekan tombol jeda kemudian merenungkan lebih dalam posisi Anda saat itu.

1. Memahami diri sendiri

Jika Anda merasa tidak bahagia, Anda harus belajar bagaimana menjadi lebih sadar.

Mindfulness dapat dilakukan dengan meluangkan waktu sejenak untuk berhenti dan menyadari pikiran, perasaan, sensasi tubuh, dan lingkungan secara real time.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm