Tampilan modifikasi konversi motor listrik Honda CB100(RIDEAPART.com)
Tampilan modifikasi konversi motor listrik Honda CB100(RIDEAPART.com) ( KOMPAS.COM)

Motor Listrik Konversi, Opsi Baru untuk Masyarakat

5 Maret 2023 19:35 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Popularitas sepeda motor listrik semakin meningkat. Hal itu didukung pula oleh banyaknya merek yang mulai serius menggarap pasar dengan mengeluarkan bermacam varian motor listrik.

Profesor Dadet Pramadihanto, Direktur Robotics and Intelligent Systems Center (RoISC) Surabaya mengatakan, kalau motor listrik keluaran terbaru sudah semakin aman. Hal itu tentunya akan menguntungkan konsumen.

“Sekarang ini, proses manajemen komponen mesin dan baterai motor listrik sudah bagus dan aman,” ujar dosen Politeknik Elektronika Negeri Surabaya ini pada Kompas.com, Jumat (3/3/2023).

Prof Dadet menambahkan, popularitas motor listrik di Indonesia tidak cuma terbatas pada motor listrik pabrikan, tapi juga motor listrik hasil konversi.

Menurutnya, teknologi yang dibutuhkan untuk konversi motor listrik sudah banyak tersedia di Indonesia. Bengkel-bengkel yang menyediakan jasa konversi juga cukup banyak.

“Di saat motor listrik (pabrikan) semakin ramai, produk motor listrik hasil konversi juga semakin bagus. Montirnya sudah banyak, suku cadang seperti baterai dan dinamo juga banyak. Menurut saya masyarakat diuntungkan dengan adanya opsi beli motor listrik baru, atau konversi sendiri. Mereka tinggal pilih,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dadet menyarankan konsumen yang hendak memboyong motor listrik untuk menyesuaikan pilihan sesuai kebutuhan.

“Kalau motor listrik pabrik, tentu harganya sudah termasuk surat, garansi, dan lain-lain. Untuk penggunaan biasa ya baiknya pabrik saja. Tapi kalau ada konsumen yang mencari power, efisiensi lebih, dan mau ribet sedikit, bisa coba konversi motor listrik,” katanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Motor Listrik Konversi, Opsi Baru buat Masyarakat", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/05/164100215/motor-listrik-konversi-opsi-baru-buat-masyarakat.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm