Ilustrasi ibu bermain dengan anak.
Ilustrasi ibu bermain dengan anak. ( sumber: Thinkstock via kompas.com)

Mau Tahu? Ini 3 Gaya Komunikasi dalam Pengasuhan Anak Menurut Ahli

6 Maret 2023 14:53 WIB

SonoraBangka.id - Meski tidak ada ukuran pasti benar atau salah dalam mendidik si kecil, Ibu tetap harus mencari beragam informasi.

Memang, mengasuh dan mendidik anak adalah proses yang panjang.

Sebab jika salah didik, dampaknya bisa fatal dan berimbas pada masa depan anak.

Psikolog Anak Desti Apryanggun dari Kalbu.co.id menyebut ada tiga cara dalam gaya komunikasi pada pengasuhan anak, yakni pasif, agresif, dan asertif.

Orang tua yang mengadopsi gaya pasif cenderung memberi kebebasan seluas-luasnya ke anak. Praktis, orang tua lebih menuruti apa yang dimaui si anak karena sulit mengungkapkan yang diinginkan.

Anak akan tumbuh menjadi pribadi yang sulit dikontrol dan sering melawan.

Sedangkan gaya agresif lebih condong memposisikan orang tua lebih dominan sehingga banyak memaksa dan menekan anak.

Orang tua yang menerapkan gaya agresif secara tak sadar kerap melontarkan kalimat perintah yang memaksa dan intimidasi agar anak menurutinya.

Berhadapan dengan orang tua dengan gaya ini akan membuat anak jadi pendiam, frustrasi, dan ada pula yang berontak lalu menunjukkan sikap agresifnya di luar rumah.

Berbeda dengan gaya pasif maupun agresif, gaya asertif berada di tengah antara keduanya. Gaya asertif lebih mengedepankan komunikasi terbuka antara orangtua dan anak, jadi di sini tidak ada yang saling mendominasi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm