Ilustrasi motor Drag Race dengan pelek Alumunium(Dok. Polres Jakarta Barat)
Ilustrasi motor Drag Race dengan pelek Alumunium(Dok. Polres Jakarta Barat) ( KOMPAS.COM)

Mengenal Jenis Pelek Yang DigunakanPada Motor, Serupa tapi Tak Sama

6 Maret 2023 18:01 WIB

SONORABANGKA.ID - Memang Ada beragam jenis dan tipe pelek motor dengan masing-masing  kelebihan serta kekurangan.

Bukan cuma berfungsi menjadi salah komponen penopang utama motor, pelek juga bisa mempercantik tampilan. Terkait fungsi dan tampilannya yang memikat, pada dasarnya ada tiga jenis pelek yang digunakan pada motor.

Pelek itu dibedakan berdasarkan jenis, yaitu pelek jari-jari (spoke wheel), pelek palang (cast wheel), dan pelek aluminium berbentuk u (u -shape aluminium).

Walau memiliki fungsi dasar yang sama, ketiganya memiliki karakteristik yang berbeda dan peruntukan yang berbeda pula.

1. Pelek Jari-jari

Spoke wheel alias pelek jari-jari umum dijumpai pada motor konvensional dengan kopling, biasanya bebek atau sport. Pelek jenis ini dianggap sebagai jenis pelek terkuat di antara pelek motor lainnya.

“Spoke wheel jauh lebih kuat karena jari-jarinya bisa menopang beban lebih banyak. Dia juga memiliki palang yang bisa mensupport motor supaya lebih seimbang,” kata Agung Hayu Pangestu, PDI Inspector AHM kepada Kompas.com, Minggu (5/3/2023).

Walau terlihat lebih tipis dan tidak setebal pelek lainnya, spoke wheel ditopang oleh palang rangka yang memperkuat konstruksinya. Inilah alasan di balik keunggulan spoke wheel.

“Makanya kan motocross yang notabenenya aktivitas motor berat menggunakan pelek jenis spoke wheel, karena dia kuat dan cocok dipasangkan dengan motor trail,” kata Agung.

2. Pelek Palang (Cast Wheel)

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm