Motor listrik alias dinamo pakai hub drive dan tidak pakai belt. Posisi motor dinamo yang terletak di roda belakang memungkinkan pemberian tenaga langsung dari motor dinamo ke roda.(KOMPAS.com/Gilang)
Motor listrik alias dinamo pakai hub drive dan tidak pakai belt. Posisi motor dinamo yang terletak di roda belakang memungkinkan pemberian tenaga langsung dari motor dinamo ke roda.(KOMPAS.com/Gilang) ( KOMPAS.COM)

Apa Perbedaan antara Ban Motor Listrik dan Konvensional?

8 Maret 2023 20:03 WIB

SONORABANGKA.ID - Terdapat perbedaan mendasar antara roda motor listrik dengan motor konvensional, terutama pada bagian roda belakang. Perbedaan itu juga bisa terlihat dengan jelas.

Beberapa motor listrik dengan sistem Hub Drive (penggerak belakang) mempunyai komponen dinamo di bagian pelek roda belakangnya. Komponen ini tidak dijumpai pada motor konvensional.

Adanya perbedaan pada bagian roda, apakah berarti ada pula perbedaan pada bagian ban motor listrik dan motor konvensional? Untuk saat ini, belum banyak perbedaan antara ban kedua jenis motor tersebut.

“Sejauh ini keduanya (ban motor listrik dan konvensional) masih terbilang sama, enggak banyak perbedaannya,” Ujar Dodiyanto, Senior Brand Executive dan Product Development PT Gajah Tunggal Tbk kepada Kompas.com, Selasa (7/3/2023).

“Kami (Gajah tunggal) sempat melakukan sampling dan pengecekan ke ban motor listrik dan motor konvensional. Hasilnya terbilang cukup mirip dari segi ukuran dan fungsi, tapi nanti mungkin akan ada diferensiasi,” katanya.

Menurut Dodiyanto, akan ada perbedaan jenis ban yang digunakan menyusul ramainya jumlah motor listrik di pasaran. Perbedaan itu didasarkan pada fungsionalitas dan performa kedua jenis motor yang berbeda.

“Kita ambil contoh motor matik, dia pakai ban yang punya konstruksi kuat dan bisa digeber sampai kecepatan 90 Kpj. Kalau motor listrik yang mainstream saat ini, kecepatan maksimumnya mungkin hanya sekitar 70 Kpj, bahkan kurang,” kata Dodiyanto.

Apabila motor listrik sudah lebih populer dan jumlah permintaannya meningkat, besar kemungkinan akan muncul ban khusus motor listrik yang komponen dan konstruksinya sudah disesuaikan.

“Bisa saja ban khusus motor listrik dibuat nanti. Mungkin dengan bobot yang lebih ringan dan untuk kecepatan menengah. Nanti bisa disesuaikan, tinggal lihat saja demand pasar,” ucap Dodiyanto.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apa Perbedaan Ban Motor Listrik dan Konvensional?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/08/102200515/apa-perbedaan-ban-motor-listrik-dan-konvensional-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm