Ilustrasi ruang tamu dengan dinding aksen warna biru. (SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT)
Ilustrasi ruang tamu dengan dinding aksen warna biru. (SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT) ( KOMPAS.COM)

Tidak Boleh Asal, Ini 6 Cara Membuat Dinding Aksen di Rumah

9 Maret 2023 21:30 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Menentukan dinding mana yang harus diberi aksen di ruang keluarga tidak selalu terlihat jelas, terutama kalau memiliki ruangan berbentuk aneh dengan sudut-sudut atau ruang yang sangat sempit.

Dinding aksen adalah dinding yang dicat dengan warna berbeda dari dinding lainnya. Dinding ini memiliki tampilan cukup kontras dari warna dinding lainnya. 

Dinding aksen juga dapat menciptakan titik fokus, mengubah tampilan ruangan, serta membuat rumah terlihat lebih menonjol. 

Selain itu, dinding aksen menjadi salah satu aspek mendasar dari ruang yang tenang dan ramah karena menciptakan rasa keseimbangan. 

Namun, menentukan dinding mana yang harus dipilih sering kali membuat bingung. Sebetulnya, jawaban yang salah di sini.

Namun, beberapa dinding terlihat lebih baik jika dipilih dengan warna cat atau pola wallpaper daripada yang lain. 

Untuk membantu Anda, desainer interior berbagi cara membuat dinding aksen di rumah dikutip dari Homes and Gardens, Kamis (9/3/2023). 

Pertimbangkan posisi "memerintah" dalam feng shui

Tidak ada aturan baku yang harus diikuti saat menentukan dinding mana yang harus diberi aksen di ruang keluarga karena semuanya tergantung pada dimensi dan tata letak ruang Anda.

Misalnya, sebuah ruangan yang panjang mungkin tidak memiliki titik fokus yang jelas dibanding  ruangan persegi dengan perapian dan rak buku built-in. Jadi, ini berarti mempercayai intuisi desain Anda sendiri. 

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm