Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) didampingi oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL), Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, dan Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dalam gelaran panen raya nusantara, di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Kamis (9/3/2023).
Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) didampingi oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL), Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, dan Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dalam gelaran panen raya nusantara, di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Kamis (9/3/2023). ( DOK. Humas Kementan)

Produksi Gabah di Kebumen Ditargetkan Capai 428.000 Ton, Bupati Arif: Terima Kasih Kementan

10 Maret 2023 17:18 WIB

SonoraBangka.ID - Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengatakan, potensi produksi padi di Kebumen pada Maret 2023 mencapai 115.000 ton gabah kering giling (GKG) dengan luas panen 19.000 hektar (ha) dan indeks pertanaman (IP) 300 atau tiga kali tanam dan panen setahun.

Arif memperkirakan, produksi pertanian pada panen raya 2023 di Kebumen mencapai 428.000 ton gabah.

Jumlah tersebut sekaligus juga menghasilkan surplus beras sebanyak 176.000 yang memiliki dampak besar terhadap kesejahteraan petani.

"Ini adalah satu hal yang baik untuk Indonesia, tentunya juga untuk pangan kita,” ujarnya dalam acara Panen Raya Padi Nusantara yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) di Desa Lajer Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen, Kamis (9/3/2023).

Arif menambahkan, pihaknya mendapatkan berbagai bantuan dari Kementerian Pertanian (Kementan), khususnya alat mesin pertanian (alsintan) yang mampu memudahkan petani dalam meningkatkan produksi.

“Petani mendapatkan bantuan alsintan yang cukup banyak dari Kementan baik itu traktor, combine harvest maupun power traktor," ujarnya dalam keterangan tertulis.

Terlebih, kata dia, Kebumen memiliki potensi padi yang luar biasa dan akses distribusi pangan yang luas untuk kebutuhan masyarakat Jawa Timur (Jatim) maupun kota lainya di Indonesia.

"Tentunya ini menjadikan satu hal yang memudahkan petani untuk produksi hingga panen. Insya Allah akan ada panen raya serentak untuk Indonesia yang dimulai dari Kebumen," kata Arif.

"Terima kasih kepada Kementan yang telah memberikan perhatian besar kepada sektor pertanian di Kebumen, khususnya melalui program dan bantuan peningkatan produksi padi," imbuhnya.

Dia menjelaskan, produksi padi di Kabupaten Kebumen pada 2023 mengalami peningkatkan karena dukungan program dan bantuan Kementan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm