Ilustrasi soto santan bumbu kuning.
Ilustrasi soto santan bumbu kuning. ( SHUTTERSTOCK/ANDRU KOSTI)

Untuk Masak Soto Hingga Opor Ayam, Berikut Resep Bumbu Dasar Kuning

15 Maret 2023 14:52 WIB

SonoraBangka.id - Bumbu dasar kuning bisa distok untuk keperluan memasak selama bulan puasa nanti. Jika disimpan di suhu ruang, bumbu dasar kuning yang sudah ditumis bisa tahan selama tiga hari. Lebih lama lagi bila menyimpannya di kulkas. Bumbu dasar kuning akan tahan selama 30 hari bila disimpan di wadah tertutup. Setelahnya, kamu bisa menggunakan bumbu dasar kuning untuk memasak opor ayam, gulai, soto, dan makanan lainnya. Simak resep bumbu dasar kuning dari buku "40 Resep Nusantara Praktis dari 5 Bumbu Dasar" (2016) oleh Kamikoki terbitan Gramedia Pustaka Utama berikut ini.

Resep bumbu dasar kuning

Bahan:

500 gr bawang merah

150 gr bawang putih

100 gr kemiri sangrai

25 gr kunyit bakar

3 sdm ketumbar

Cara membuat bumbu dasar kuning

1. Campur semua bahan, campur dan haluskan hingga merata.

2. Tumis bumbu dasar kuning hingga harum. 

3. Bumbu dasar kuning bisa langsung digunakan untuk memasak atau disimpan untuk stok.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Membuat Bumbu Dasar Kuning untuk Masak Soto hingga Opor Ayam", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/03/14/180400775/cara-membuat-bumbu-dasar-kuning-untuk-masak-soto-hingga-opor-ayam.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm