Dosen Sosiologi Universitas Bangka Belitung (UBB), Putra Pratama Saputra
Dosen Sosiologi Universitas Bangka Belitung (UBB), Putra Pratama Saputra ( IST/Dokumentasi Putra )

Ternyata, Pelaku Pembunuhan Hafizah Masih di Bawah Umur, Akademisi UBB: Pengawasan Orang Tua Penting

15 Maret 2023 16:59 WIB

SonoraBangka.id - Saat ini, kasus pembunuhan anak perempuan berumur 8 tahun bernama Hafizah, yang ditemukan tewas mengenaskan di Perkebunan Sawit Bukit Intan Bine Blok S47-48 Divisi 3 PT BPL Desa Ibul, Simpangteritip, Bangka Barat, pada Kamis (9/3/2023) lalu menjadi sorotan publik.

Disampaikan oleh Kabid Humas Polda Bangka Belitung, AKBP Jojo Sutarjo bahwa pelaku yang ditangkap merupakan seorang  pelajar dan masih di bawah umur.

Sosiolog sekaligus Dosen Sosiologi Universitas Bangka Belitung, Putra Pratama Saputra menilai ini persoalan sensitif yang terjadi dikalangan anak-anak.

 

"Perlakuan kejam kasus pembunuhan yang melibatkan anak, baik sebagai pelaku maupun korban. Persoalan sensitif yang melanda kaum anak, khususnya kasus penculikan dan akhirnya mengarah pada pembunuhan anak.

Sangat ironis ketika mendengar seorang anak menjadi pelaku bahkan korban penculikan dan pembunuhan seperti yang terjadi di kehidupan sekitar kita. Bahkan bagi klayak umum peristiwanya begitu sangat tragis," ujar Putra, Rabu (15/3/2023).

Dia menilai satu di antara penyebab krusial terjadinya pemasalahan yang menimpa anak-anak adalah lemahnya tingkat pengawasan dari keluarga dan masyarakat.

"Komunikasi intens perlu dilakukan agar seorang anak dianggap ada dalam kehidupannya.

Selain itu juga, ketidakpedulian kita mengakibatkan para pelaku dengan mudah untuk melakukan tindakan yang tergolong menentang norma hukum dan agama," kata Putra.

Dia mengungkapkan fenomena tersebut dapat dikatakan menjadi bagian dari penyimpangan terhadap nilai dan norma yang berlaku pada masyarakat secara umum. 

"Lebih lanjut, dapat melukai orang tua baik secara fisik, psikologis, dan sosial.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm