Jembatan Cikereteg yang berlokasi di ruas Jalan Raya Bogor Ciawi-Sukabumi, Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, ambles akibat diguyur hujan deras. Kini, semua kendaraan roda empat dan selebihnya dilarang melintasi jembatan tersebut. Kendaraan dialihkan ke jalan tol.(Dok. Polsek Ciawi)
Jembatan Cikereteg yang berlokasi di ruas Jalan Raya Bogor Ciawi-Sukabumi, Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, ambles akibat diguyur hujan deras. Kini, semua kendaraan roda empat dan selebihnya dilarang melintasi jembatan tersebut. Kendaraan dialihkan ke jalan tol.(Dok. Polsek Ciawi) ( KOMPAS.COM)

Mengebut dengan Kaca Mobil Terbuka Malah Membuat Boros?

15 Maret 2023 21:18 WIB

SONORABANGKA.ID - Ketika bahan bakar hampir habis pengemudi mobil sering mematikan AC untuk menghemat bensin. Sebab AC dianggap sebagai beban yang dapat membuat boros bahan bakar.

Pradipto Sugondo mantan Head Executive Research & Developmet PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang sekarang bekerja di Pindad dan terlibat dalam pengembangan Pindad Maung mengatakan, AC memang menambah beban mesin sehingga mematikan AC bisa mengirit bensin.

"Jadi secara beban (memakai AC) memang nambah (boros), (jika tidak pakai AC) sekitar 5 persen pengiritan bahan bakar, kira-kira saja ya angkanya segitu," kata Pradipto kepada Kompas.com, Selasa (14/3/2023).

"Biasanya kan orang kalau sudah seperti itu matikan AC dan buka jendela, ya bisa saja," kata Pradipto.

Hanya saja kata Pradipto, kalau kaca dibuka terlalu lebar dan berjalan kencang justru yang ada tercipta hambatan udara. Alhasil bukan irit justru bisa jadi boros karena aliran udara jadi terhambat karena kaca dibuka.

Penjelasannya ialah, aerodinamika mengupayakan aliran udara di sekitar bodi yang laminer. Saat kaca dibuka lebar dan berjalan kencang aliran tersebut rusak dan terjadi turbulensi sehingga kabin menjadi kantung hambatan udara.

"Buka jendela sendiri berhubungan dengan aerodinamika. Kaca terbuka bisa merusak aliran udara, dan malah masuk ke kabin dan menghambat," kata Pradipto.

"Kalau misalkan kita sore-sore, tidak panas, larinya di bawah 40 kpj (iya lebih irit). Tapi kalau jalan di atas 60 kpj terlalu kencang justru angin bisa menahan. Kecuali buka kacanya sedikit, tapi jarang yang seperti itu," kata dia.

Sebelumnya ramai video yang diunggah akun Wealthy.id di TikTok dengan judul "Matikan AC Mobil Tidak Menghemat Bahan Bakar." Wealthy sendiri merupakan merek penyedia segala keperluan mobil dan motor.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengebut dengan Kaca Mobil Terbuka Malah Bikin Boros?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/15/112200215/mengebut-dengan-kaca-mobil-terbuka-malah-bikin-boros-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm