Nani Wijaya berpose disela saat acara meet and greet Sinemart All Stars di Mall Bintaro Exchange, Tangerang Selatan, Senin (20/02/2017). Para pemain sinetron seri Anak Sekolahan, Anak Langit, Orang-Orang Kampung Duku, dan Berkah Cinta akan menyapa penggemarnya .(KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI)
Nani Wijaya berpose disela saat acara meet and greet Sinemart All Stars di Mall Bintaro Exchange, Tangerang Selatan, Senin (20/02/2017). Para pemain sinetron seri Anak Sekolahan, Anak Langit, Orang-Orang Kampung Duku, dan Berkah Cinta akan menyapa penggemarnya .(KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI) ( )

Kabar Dukacita, Nani Wijaya Meninggal Dunia

16 Maret 2023 09:19 WIB

SONORABANGKA.ID - Aktris senior Nani Wijaya meninggal dunia pada Kamis (16/3/2023). Kabar itu  disampaikan putrinya, Cahya Kamila, melalui akun Instagram-nya.

"INNALILLAHIWINAILAIHIROJIUN Telah bepulang ibunda kami tercinta dengan tenang Ibu Hj. Nani Widjaya di RS Fatmawati 16 Maret 2023 pada pukul 3.28 WIB," tulis Cahya, dikutip Kompas.com. Sebelumnya, Nani Wijaya sempat dirawat  intensif di RSUP Fatmawati karena mengalami sesak napas.

Pemain sinetron Bajaj Bajuri tersebut bahkan dirawat di High Care Unit (HCU) lantaran perlu pengawasan khusus dari dokter. "Mohon dimaafkan segala kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja," tulis Cahya. Nani Wijaya merupakan artis senior yang sudah menapaki karier di dunia akting sejak tahun 1960.

Nani Wijaya mengawali debut di dunia akting lewat film Darah Tinggi (1960). Kemampuan Nani Wijaya di dunia film melambung usai dirinya menyabet penghargaan sebagai Pemeran Pendukung Wanita Terbaik dalam perhelatan Festival Film Indonesia tahun 1978 lewat film Yang Muda Yang Bercinta.

Karena konsistensi dan dedikasinya di bidang seni peran, Nani Wijaya juga dianugerahi Lifetime Achievement Award dalam Festival Film Bandung pada tahun 2010.

Terakhir kali kemampuan akting Nani Wijaya diapresiasi luas usai memerankan karakter Emak Eti dalam sitkom Bajaj Bajuri yang menghiasi layar kaca pada tahun 2002-2007. Nani Wijaya lahir pada 10 November 1944 (umur 78 tahun) di Cirebon, Jawa Barat.

Dua dari enam anak Nani Wijaya juga mengikuti dirinya terjun ke dunia akting, yakni Sukma Ayu dan Cahya Karmila.

Sukma Ayu pernah dikenal luas usai bermain dalam sinetron Kecil-kecil Jadi Manten (2002-2004). Dia telah berpulang pada 25 September 2004. Nani Wijaya juga menghiasi berbagai film Tanah Air membuat dirinya dinobatkan sebagai anggota Golden Girls bersama Ida Kusumah, Connie Sutedja, dan Rina Hassim.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Nani Wijaya Meninggal Dunia ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2023/03/16/063659966/nani-wijaya-meninggal-dunia?page=2.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm