Meski kalorinya lumayan tinggi, namun kurma juga bisa menjadi camilan sehat karena kaya nutrisi.
Meski kalorinya lumayan tinggi, namun kurma juga bisa menjadi camilan sehat karena kaya nutrisi. ( FREEPIK/8PHOTO)

Baik Untuk Pencernaan, Berikut Ini 5 Manfaat Makan Kurma

22 Maret 2023 15:53 WIB

SonoraBangka.id -  Kurma mengandung sejumlah manfaat, di antaranya merupakan manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. Buah dari pohon kurma ini biasa dikonsumsi selama bulan puasa. Tidak hanya nikmat, kamu perlu tahu manfaat mengonsumsi kurma. Kurma merupakan makanan dengan serat dan antioksidan yang tinggi, khususnya kurma medjool yang populer di dunia. Setiap 100 gram kurma medjool mengandung 7 gram serat, 2 gram protein, 277 kalori, dan 75 gram karbohidrat. Masih ada sejumlah kandungan nutrisi dalam kurma, seperti kalium, magnesium, zat besi, dan vitamin B6. Selengkapnya, simak manfaat makan kurma yang dilansir dari Healthline berikut ini.

1. Pemanis alami

Kurma merupakan sumber fruktosa atau jenis gula alami yang terdapat dalam buah. Jadi tidak heran bila rasanya sangat manis. Hal itu membuat kurma sering kali dijadikan pengganti gula putih karena kaya nutrisi dan memiliki tingkat manis yang serupa dengan gula. Takaran gula putih dan kurma sebagai pemanis imbang. Kamu bisa mengganti resep satu sendok makan gula dengan satu sendok makan kurma.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Serat tinggi dalam kurma membantu menjaga kesehatan pencernaan dengan mencegah datanganya sembelit. Kandungan serat juga bermanfaat untuk mengontrol gula darah. Jadi, serat dapat memperlambat pencernaan dan mencegah kadar gula darah melonjak karena rendahnya indeks glikemik yang dimiliki. Baca juga: 15 Olahan Kurma yang Tidak Membosankan, Ide Menu Takjil Kekinian Resep Infused Water Kurma, Minuman Sehat untuk Buka Puasa sampai Sahur 3 Ciri Kurma Tak Layak Konsumsi, Perhatikan Sebelum Makan

3. Menangkal berbagai penyakit

Antioksidan berperan melindungi tubuh dari radikal bebas. Kurma dengan kandungan antioksidan tinggi akan membantu menangkal berbagai penyakit. Misalnya, flavonoid bisa membantu mengurangi peradangan dan risiko diabetes serta jenis kanker tertentu. Karotenoid dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko gangguan terkait mata. Terakhir, asam fenolik yang memiliki sifat antiinflamasi sehingga dapat membantu menurunkan risiko kanker.

4. Meningkatkan kesehatan otak 

Mengonsumsi kurma juga dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Hal ini berkaitan dengan rendahnya risiko penyakit alzheimer. Sebab, kurma memiliki kandungan antioksidan yang diketahui dapat mengurangi peradangan, termasuk flavonoid. Hal ini masih memerlukan lebih banyak penelitian pada manusia untuk memastikan manfaat kurma dalam kesehatan otak.

5. Meningkatkan energi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi kurma sebelum melahirkan, menjalani persalinan lebih singkat daripada yang tidak mengonsumsi kurma. Hal ini juga dibantu oleh hormon oksitosin yang menyebabkan kontraksi saat persalinan. Kurma juga mengandung tanin dan bisa membantu kontraksi. Kandungan gula dan kalori alami di dalamnya membuat kurma dapat meningkatkan energi selama persalinan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Manfaat Makan Kurma, Pemanis Alami yang Baik untuk Pencernaan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/03/22/151100875/5-manfaat-makan-kurma-pemanis-alami-yang-baik-untuk-pencernaan?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm