Ilustrasi kolak ubi pisang durian untuk menu takjil buka puasa.
Ilustrasi kolak ubi pisang durian untuk menu takjil buka puasa. ( DOK.SHUTTERSTOCK/Elvita salman)

Cocok Untuk Berbuka Puasa Hari Pertama, Berikut Resep Kolak Ubi

22 Maret 2023 21:27 WIB

SonoraBangka.id - Jika mempunyai persediaan ubi ungu, kamu dapat membuat takjil kolak ubi untuk menu berbuka puasa. Kolak ubi dibuat dari bahan ubi ungu, gula pasir, air, santan kental, vanili bubuk, dan daun pandan. Kolak ubi mudah cara membuatnya dan praktis, bahan dasar dapat dibeli di pasar atau swalayan. Simak resep kolak ubi berikut ini, dikutip dari buku "Kolak dan Minuman Segar" (2013) karya Anti Apriliyanti Suganti terbitan Media Pressindo.

Resep kolak ubi

Bahan:

300 gram ubi ungu (kupas potong)

450 ml air

150 gram gula pasir

150 ml santan kental (matang)

1 bungkus vanili bubuk

1 helai daun pandan 

Cara membuat kolak ubi:

1. Didihkan gula, air, pandan, dan vanili. Setelah mendidih masukkan ubi, masak sampai matang, lalu angkat.

2. Masukkan kolak ke dalam mangkuk, siramkan santan, sajikan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Kolak Ubi Sederhana untuk Buka Puasa Hari Pertama", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/03/22/190300275/resep-kolak-ubi-sederhana-untuk-buka-puasa-hari-pertama.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm