Sopir truk bercengkrama dengan sesama rekan yang terjebak kemacetan parah di Jalan Lingkar Selatan (JLS) atau Jalan Lingkar Luar Ngantru, Pati, Kamis (2/3/2023). Jalur pantura Pati-Rembang macet total. Seorang sopir truk, Syaikhu, mengaku dalam sehari semalam truk yang dikemudikannya hanya bergerak satu-dua meter saja. (TribunMuria.com/Mazka Hauzan Naufal)
Sopir truk bercengkrama dengan sesama rekan yang terjebak kemacetan parah di Jalan Lingkar Selatan (JLS) atau Jalan Lingkar Luar Ngantru, Pati, Kamis (2/3/2023). Jalur pantura Pati-Rembang macet total. Seorang sopir truk, Syaikhu, mengaku dalam sehari semalam truk yang dikemudikannya hanya bergerak satu-dua meter saja. (TribunMuria.com/Mazka Hauzan Naufal) ( KOMPAS.COM)

Populasi Pengemudi Truk Semakin Langka, Minim Regenerasi

23 Maret 2023 21:32 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Peran pengemudi truk di Indonesia sangat penting, terutama dalam mengantarkan beragam barang ke berbagai lokasi. Namun sayangnya, populasi pengemudi semakin sedikit saat ini.

Salah satu cara untuk jadi pengemudi truk yang sudah berlaku dari lama adalah berawal dari kernet. Setelah ikut pengemudi, nantinya kernet juga diajarkan cara mengemudi dan akhirnya jadi pengemudi sendiri.

Namun saat ini, pengemudi truk sudah jarang jalan dengan kernet. Lalu, anak muda juga tidak banyak yang mau bekerja sebagai kernet, sudah beralih ke pekerjaan lain yang dianggap lebih menjanjikan.

Menanggapi kejadian mulai sedikitnya jumlah pengemudi, Tonny Wijaya, Trucking Manager PT Dunia Express Transindo mengatakan, pihaknya sempat berdiskusi dengan Kementerian Perhubungan terkait pengemudi truk.

"Kemungkinan harus dikembangkan sekolah driver dan peningkatan kualitas (driver), termasuk juga pendapatan mereka," kata Tonny kepada Kompas.com, Kamis (23/3/2023).

Pengembangan sekolah driver ini tentunya bisa meningkatkan kualitas pengemudi. Jadi pengemudi truk yang terkesan kurang baik jadi semakin diminati dan jadi pekerjaan yang menjanjikan untuk orang.

"Harus ada perubahan mindset dan peningkatan status driver. Kami sebelumnya sudah mengadakan sertifikasi BNSP bagi para driver trailer, jadi profesi pengemudi sudah diakui negara dan bisa bekerja di kawasan ASEAN," kata Tonny.

Selain itu, menurut Imam, driver truk yang memiliki pengalaman kerja sekitar 28 tahun mengatakan, langkanya sopir truk ada baiknya juga, bisa meningkatkan kesejahteraan pengemudi yang ada.

"Kesejahteraan sopir bisa naik. Kalau sopir jadi langka kan bisa nego untuk naikin uang jalan, jadi harga jual sopir mahal," kata Imam.

Namun, tentu regenerasi pengemudi truk tetap penting. Jadi pengemudi yang sudah tidak mampu mengemudi bisa digantikan, jumlah pengemudinya juga tetap, tentunya bisa memengaruhi jumlah truk yang berjalan di jalanan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Populasi Sopir Truk Semakin Langka, Minim Regenerasi", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/23/144100715/populasi-sopir-truk-semakin-langka-minim-regenerasi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm