Bearing roda motor (Daytona.id)
Bearing roda motor (Daytona.id) ( KOMPAS.COM)

Penyebab Bearing Roda pada Sepeda Motor Cepat Rusak

26 Maret 2023 20:25 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Salah satu komponen sepeda motor yang sering mengalami kerusakan adalah bearing roda. Jika komponen ini rusak, maka laju kendaraan menjadi tidak nyaman bahkan menimbulkan bunyi ketukan cukup keras ketika melaju di jalan tidak rata.

Tidak cuma saat melewati jalan tidak rata, dampak bearing roda yang oblak akan terasa ketika tuas rem ditarik, semacam ada hentakan. Kejadian itu tentu cukup mengganggu, kalau dibiarkan akan membuat komponen makin rusak parah dan berbahaya.

Instruktur Sepeda Motor Otomotor Academy Yogyakarta mengatakan ada beberapa faktor yang menyebabkan bearing roda cepat rusak, yang sebenarnya bisa diminimalisir agar usianya lebih panjang.

“Permukaan jalan yang jelek, berlubang atau polisi tidur dapat membuat usia bearing pendek, karena konstruksi serta fungsinya dibuat sedemikian rupa sebagai peluncur sekaligus tumpuan poros roda,” ucap Jihan kepada Kompas.com, Minggu (26/3/2023).

Dia mengatakan beban berat sepeda motor ditumpu oleh bearing sehingga begitu ada kejutan dari permukaan jalan akan sangat terasa.

Selain kontur jalan yang bergelombang, lingkungan juga mempengaruhi usia bearing roda karena beberapa benda asing dapat masuk ke bagian dalamnya.

“Bearing roda ini terletak di bagian bawah, sehingga debu, kotoran, atau air dapat masuk ke dalam bagian bearing dengan lebih mudah, benda asing tersebut akan membuat gaya gesek pada bearing akan semakin tinggi dan menyebabkan bearing cepat aus,” ucap Jihan.

Dia mengatakan bearing pada roda sepeda motor dilengkapi dengan seal atau karet penutup agar menahan debu atau kotoran masuk, harapannya bearing menjadi lebih awet.

“Selalu perhatikan bagian seal roda, segera bersihkan bila ada kotoran sebagai perawatan ringan untuk memperpanjang usia bearing, seal tersebut juga bertugas menjaga pelumas di dalam bearing agar tidak mengering,” ucap Jihan.

Menurut Jihan pelumas di dalam bearing bisa mengering dan menjadi penyebab kerusakan selanjutnya.

“Pelumas itu bisa habis seiring pemakaian atau rusaknya seal pelindung, itu akan menyebabkan gaya gesek pada bearing semakin tinggi sehingga membuat bearing macet atau rusak,” ucap Jihan.

Jadi, penyebab rusaknya bearing roda pada sepeda motor ada tiga yaitu; kondisi jalan yang tidak rata, karet pelindung bearing yang kotor atau rusak, dan pelumas yang sudah mengering.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penyebab Bearing Roda Sepeda Motor Cepat Rusak", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/26/150100715/penyebab-bearing-roda-sepeda-motor-cepat-rusak.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm